SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, MADINAH – Menunaikan ibadah haji di usia yang mencapai lebih dari 100 tahun merupakan hal yang langka. Faktanya, salah satu jemaah haji asal Indonesia tahun ini ada yang mencapai usia 105 tahun.

Duduk di kursi roda di Seksi Khusus Masjid Nabawi, senyum Nenek Tayo Ayom Sariayu yang berusia 105 tahun itu tidak pernah lepas. Sang Nenek tampak bahagia bisa menunaikan haji.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jika tidak mengobrol, Nenek Tayo sibuk mengucapkan zikir. “Kalau lagi diem, kita tidak ajak ngomong, zikiran aja enggak berhenti,” kata petugas haji, Rubiyatun yang mendampingi Nenek Tayo di Masjid Nabawi, Madinah, Sabtu (20/7/2019).

Ekspedisi Mudik 2024

Rubiyatun menambahkan, Nenek Tayo juga pernah bercerita kalau ada rezeki lagi, mau kembali lagi ke Tanah Suci. “Kalau masih punya harapan, punya rezeki lagi, mau balik lagi ke sini,” kata dia.

Kendati sudah berusia sangat lanjut, ingatan Nenek Tayo tampak masih segar. Ditanya apapun selalu dijawab dengan baik.

Saat ditanya nenek sudah berapa lama di sini? “Sudah lima hari,” kata Nenek Tayo.

Nenek Tayo merupakan salah satu jamaah haji dari Kloter 6 embarkasi Lombok. Dia tinggal di Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Ketika ditanya punya anak, cucu dan cicit berapa, Nenek Tayo pun menjawab dengan lugas. Dia memiliki anak empat orang, cucu sebanak 23 orang dan cicit sebanyak 24 orang.

Ditanya lahir tahun berapa, baru si Nenek tampak berfikir. “Lupa. Tapi (lahir) zaman Belanda,” kata dia.

Nenek Tayo mengaku dulunya bekerja sebagai petani. Sementara soal makanan apa yang biasa dia konsumsi dan membuat dia tetap sehat, dia mempunyai jawaban yang menarik.

“Saya makan nasi. Semua makanan saya suka,” kata Nenek Tayo sambil tertawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya