SOLOPOS.COM - Prosesi pemakaman nenek Jokowi, Sani Wirorejo, di permakaman Desa Mundu, Selokaton, Karanganyar, Sabtu (24/10/2015). (Kurniawan/JIBI/Solopos)

Nenek Jokowi wafat, jenazah Sani Wirorejo berdampingan dengan suaminya di permakaman Desa Mundu, Selokaton.

Solopos.com, KARANGANYAR–Jenazah Sani Wirorejo, 100, yang merupakan nenek dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), dimakamkan di TPU Mundu, Desa Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar, Sabtu (24/10/2015) pukul 13.30 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan Solopos.com, pemakaman Sani berlangsung sederhana. Jenazah Sani Wirorejo dimakamkan persis di samping makam suaminya, Wirorejo, yang telah lebih dulu dipanggil Tuhan.

Ekspedisi Mudik 2024

Jenasah Sani diletakkan di makam setelah lebih dulu dikeluarkan dari peti kayu. Puluhan kerabat dan peziarah khusyuk mengikuti prosesi pemakaman.

Salah satunya Sudjiatmi yang merupakan ibunda Jokowi tampak sedih sepanjang pemakaman. Tampak juga anak sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. Suami dari Selvi Ananda tersebut mengenakan kemeja jeans warna biru muda dengan tas selempang di pinggangnya.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, yang turut hadir dalam pemakaman tersebut, ikut membantu prosesi memasukkan jenazah ke liang lahat. Dia memberikan arahan kepada warga yang ditugasi menurunkan jenazah.

Di TPU Mundu terdapat makam cungkup berukuran sekitar 9 meter x 9 meter persegi milik keluarga besar Jokowi. Cungkup tersebut telah diisi tujuh makam, termasuk makam ayah Jokowi yaitu Widjiatno Noto Miharjo. Selain itu ada beberapa makam kerabat Jokowi di cungkup tersebut.

Penjaga makam cungkup keluarga Jokowi, Sidik Suramto, saat ditemui wartawan mengaku turut berbela sungkawa terhadap meninggalnya Sani Wirorejo. “Saya ditugasi menjaga makam ini. Cungkup ini khusus untuk keluarga Pak Jokowi. Masih banyak tempat yang bisa dipakai untuk makam,” tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya