Nenek 80 tahun jadi pencuri berlian selama 50 tahun
foto: Doris Payne/latimes.com
foto: Doris Payne/latimes.com

Los Angeles (Solopos.com)--Seorang wanita berusia 80 tahun, Doris Payne, tercatat sebagai 'pencuri permata' selama berpuluh-puluh tahun. Namun, sesuai dengan pepatah, sepandai-pandainya tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Payne pun tertangkap akhir pekan ini saat mencuri cincin senilai US$ 16.000 atau sekitar Rp 155 juta dari sebuah toko perhiasan Santa Monica, Los Angeles, Amerika Serikat.

Sebelumnya, Payne pernah dihukum karena menggasak perhiasan di berbagai toko di berbagai penjuru dunia. Dia juga pernah dihukum oleh Hakim Pengadilan Tinggi Los Angeles, Mark E. Windham selama 16 bulan penjara.

Payne lahir pada 1930 di kota pertambangan batu bara kecil Slab Fork. Dia mencuri berlian pertama kali di penghujung usia 20-an. Awalnya dia berharap dapat mengumpulkan uang untuk membantu ibunya yang ditinggalkan oleh suaminya yang berperilaku kasar.

Payne mengaku tidak ingat berapa banyak barang berharga yang telah dicuri. Tetapi karirnya tersebut telah berlangsung lebih lima dekade. Dia melakukan aksinya dari New York, Las Vegas, London, Paris, Monte Carlo hingga Tokyo.

"Sasaran saya selalu toko-toko terbaik," kata Payne seperti dikutip dari LAtimes.com, Senin, (6/6/2011).

Dalam melaksanakan aksinya, dia akan berbaur dengan para pengunjung dan menceritakan bualan besar. Lantas dia mengambil berlian dan memasukan ke kantong pakaian yang dikenakannya. Payne mengalihkan perhatian staf penjualan ketika mencoba berbagai cincin. Dan ketika mereka tidak melihat slip cincin dari jarinya dia akan memasukan cincin ke baju.

Pada satu waktu, aksi Payne dibantu alat untuk mengecoh kamera keamanan toko. Tapi kadang-kadang akan mengambil di toko pada hari lain. Kisah hidupnya telah menarik sineas untuk dijadikan film Hollywood

Payne, menurut jaksa San Diego, telah menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk "tidak melakukan apa-apa selain mencuri perhiasan sampai usia tua."

(detik.com/tiw)



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom