SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, JEPARA — Seorang nelayan asal Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Senin (1/7/2019), dinyatakan hilang saat melaut di Perairan Jepara. Sedangkan, perahunya berhasil ditarik ke daratan oleh nelayan setempat.

Kepala Desa Kedungmalang, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Fahrur Rozikin, membenarkan bahwa nelayan yang dikabarkan hilang merupakan warganya yang bernama Nor Rohmad, warga Desa Kedungmalang RT 005/RW 003. Peristiwa hilangnya warga itu, kata dia, belum bisa dipastikan pukul berapa.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Namun, dipastikannya perahu yang ditemukan nelayan dalam kondisi kosong tanpa ada korban dan berhasil ditarik ke tepian sekitar pukul 12.00 WIB adalah perahu Nor Rohmad. Lelaki itu, katanya, pergi melaut mulai Senin (1/7/2019) pukul 05.00 WIB seorang diri dan lokasi ditemukannya perahu korban juga masih di perairan Kedung.

Ekspedisi Mudik 2024

Untuk saat ini, lanjut dia, sedang dilakukan pencarian oleh sejumlah pihak terkait, mulai dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara hingga sejumlah pihak terkait. Terkait dengan cuaca laut, katanya, cukup mendukung untuk melaut karena tidak memasuki musim baratan sehingga gelombang tidak tinggi.

Sementara itu, Kepala Kantor UPP Kelas III Jepara Trijoto mengungkapkan berdasarkan prakiraan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Semarang untuk cuaca untuk wilayah perairan Kepulauan Karimunjawa ketinggian gelombang lautnya bisa mencapai 1,5 m dengan kecepatan angin antara 8 knot-10 knot. Sementara untuk Laut Jawa ketinggian gelombangnya bisa mencapai 2,5 m dengan kecepatan angin 10 knot-25 knot dan perairan utara Jateng ketinggian gelombangnya bisa mencapai 1,25 m dengan kecepatan angin 4 knot-10 knot.

“Artinya, masih aman untuk nelayan yang melakukan aktivitas melaut,” simpulnya. Meskipun demikian, imbuh dia, nelayan tetap harus waspada mengingat keamanan selama melaut juga dipengaruhi oleh kondisi perahu nelayan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya