SOLOPOS.COM - Ikan pari (Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Nelayan di Pantai Gesing, Girikarto, Panggang tengah panen ikan pari. Harga jual ikan pari dinilai cukup bagus.

Salah satu nelayan Pantai Gesing Suparmo, 35, mengatakan, ikan pari mulai muncul September. Menurutnya, ikan pari masih bisa ditemui hingga Oktober. Setiap kilogram ikan pari dihargai Rp20.000.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Satu ikan pari beratnya ada yang mencapai 1,5 kwintal. Jadi, hasilnya lumayan banyak,” ujar dia, ketika ditemui di Pantai Gesing, Selasa (23/9/2014).

Menurutnya, setiap melaut, setiap nelayan bisa membawa pulang satu kwintal hingga dua kwintal ikan pari. Suparmo mengatakan, untuk mendapatkan ikan pari, nelayan harus melaut sejauh dua kilometer ke tengah laut. Hitungannya, tidak terlalu ke tengah.

“Untuk menangkap ikan pari, kami menggunakan pancing senggol,” ujar dia.

Menurut Suparmo, para nelayan membeli pancing senggol dari Cirebon. Pancing tersebut terbuat dari tali tampar sepanang 30 meter. Setiap 30 meter berisi 100 mata pancing. Nelayan menyebutnya satu jepet.

“Kalau melaut, setiap kapal bisa memasang 60 hingga 70 jepet pancing senggol,” ungkap dia.

Nelayan lainnya, Sadi menambahkan, setiap satu jepet ia beli dengan harga Rp90.000 sampai Rp100.000. Ia mengatakan, para nelayan memasang pancing senggol pukul 09.00 WIB. Mereka akan mengambilnya keesokan harinya.

“Kalau beruntung ya bisa dapat banyak. Kalau tidak ya tidak dapat sama sekali, jadi rugi bahan bakar,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya