SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dok)

Belum banyak nelayan Gunungkidul yang mendirikan koperasi untuk kegiatan ekonomi mereka

 
Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Manfaat koperasi di pesisir Kabupaten Gunungkidul sejauh ini belum dapat dirasakan oleh sejumlah nelayan. Pasalnya belum banyak nelayan yang mendirikan koperasi untuk kegiatan ekonomi mereka.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Gunugkidul, Widagdo mengakui bahwa jumlah koperasi nelayan di Gunungkidul masih sangat minim.

Ekspedisi Mudik 2024

Pertumbuhannya pun sangat rendah selama beberapa tahun terakhir. “Sampai saat ini hanya ada empat koperasi nelayan yang aktif,” kata dia, Senin (27/11/2017).

Ke-empat koperasi berbadan hukum yang masih aktif tersebut rata-rata bergerak di bidang jual beli ikan. Koperasi tersebut diantaranya adalah Koperasi Mina Samodra Pantai Baron dan Mina Mandiri di Kecamatan Tanjungsari; Koperasi Unit Desa Sadeng di Pelabuhan Perikanan Pantai Sadeng, Kecamatan Girisubo; serta Koperasi Insa Samodra di Kecamatan Tepus.

Meski ada empat koperasi, namun Widagdo menilai jumlah tersebut masih terlalu sedikit. Pasalnya jumlah nelayan dan potensi perairan di pesisir Gunungkidul sangat tinggi untuk kegiatan ekonomi. Dan koperasi menurut dia adalah sarana yang tepat bagi nelayan.

Selain itu, selama ini koperasi, terutama yang berbadan hukum juga memiliki peluang besar dalam memperoleh bantuan.

“Tapi tidak hanya itu intinya, koperasi dibentuk tidak hanyak untuk memperoleh bantuan. Namun manfaatnya sangat banyak bagi nelayan terutama jadi tempat menabung saat hasil panen melimpah, sehingga saat paceklik tetap dapat memenuhi kebutuhan,” ujarnya.

Di sisi lain, selama ini pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan pertumbuhan koperasi nelayan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan sosialisasi tentang pentingnya koperasi sagi para nelayan. Memotivasi para nelayan agar dapat membentuk koperasi berbadan hukum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya