SOLOPOS.COM - Pantai Gesing, Gunungkidul (Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Nelayan di Pantai Gesing, Girikarto, Panggang berharap segera ada pemasangan listrik di area pantai.

Salah satu nelayan di Pantai Gesing Samingin menuturkan sejak 2001, nelayan belum merasakan fasilitas listrik. Pantai Gesing mulai dibuka oleh warga 2001 lalu. Sebelumnya Pantai Gesing masih jarang terjamah oleh warga.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Tapi sampai sekarang belum ada listrik. Kami sangat membutuhkan listrik untuk penerangan, memasak dan belajar anak-anak,” ungkap dia, Jumat (15/8/2014).

Ada 27 KK yang tinggal di area Pantai Gesing. Untuk memenuhi kebutuhan listrik, warga yang mampu menggunakan genset. Namun hanya tiga KK yang memiliki genset. Setiap hari warga harus menghabiskan tiga hingga empat liter bahan bakar untuk menghidupkan genset.

Sebenarnya, kata dia, ada tenaga listrik dari panes surya. Sayangnya kondisi panel surya sudah tidak prima lagi. Bagi warga yang tidak memiliki genset, biasanya mereka menggunakan lampu minyak untuk penerangan.

“Kami juga berharap jalanan menuju Pantai Gesing juga diperbaiki. Dari jalan raya, jalan masuk Pantai Gesing sepanang lima kilometer. Kondisinya aspal yang rusak,” ungkap dia.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul Agus Priyanto mengaku belum bisa berkomentar banyak.

“Akan saya lihat dulu,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya