SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas nelayan. (JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Nelayan pantai Baron mendapatkan bantuan 29 unit Global Positioning System (GPS) dan fish finder dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Minggu (27/10/2013).

Teguh Prayogo, instruktur bimbingan teknik dari LAPAN menuturkan pemberian GPS serta fish finder tersebut bertujuan agar nelayan mengetahui titik-titik yang banyak ikannya. Pemberian bantuan ini merupakan aplikasi teknologi penginderaan jauh untuk perikanan tangkap.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

“Dengan menggunakan GPS dan fish finder nelayan bisa menemukan dan merekam lokasi yang banyak ikan. Hal itu bisa membuat nelayan menghemat energi, tenaga dan bahan bakar,” papar dia di Pantai Baron, Minggu (27/10/2013).

Selain itu nelayan juga terbantu untuk menentukan arah. Selain mendapatkan sosialisasi secara teori, para nelayan juga diajak praktik langsung di tengah laut.

“Alat GPS dan fish finder bisa mendeteksi keberadaan ikan permukaan. Selain itu suhu air juga bisa terekam. Penggunaannya pun mudah asal sudh terbiasa pasti bisa seperti handphone,” papar dia.

Teguh menekankan ada tiga fungsi pokok alat tersebut yakni merekam posisi, memasukkan posisi koordinat ke dalam GPS dan mengoperasikan fish finder. Perawatannya pun mudah jangan sampai accu terkena air.

Nelayan juga diimbau menggunakan accu yang sesuai kebutuhan alat sehingga tidak melebihi kebutuhan alat. Selain bantuan 29 unit GPS dan fish finder nelayan juga diberi bantuan 140 jaring ikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya