SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (tengah), saat menggelar jumpa pers seusai menggelar rapat koordinasi penanganan Covid-19 di kantornya, Selasa (30/3/2021). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng menyiapkan tempat isolasi bagi warga perantauan yang nekat mudik Lebaran ke wilayahnya.

Persiapan tempat isolasi disampaikan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, sebagai respons keputusan pemerintah yang melarang mudik pada Lebaran tahun ini.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

“Saya mendorong masyarakat tidak usah mudik ya. Mumpung ini [kasus Covid-19] lagi turun bagus. Sabar sebentar, ini kalau bisa dijaga kita akan bisa lebih cepat [mengatasi pandemi],” ujar Ganjar di kantornya, Selasa (30/3/2021).

Baca juga: Mantap Lur, 6.000 Lansia di Salatiga Sudah Vaksinasi Covid-19

Gubernur Ganjar menjelaskan larangan mudik Lebaran 2021 sudah diputuskan pemerintah pusat beberapa waktu lalu. Namun terkait teknis pelaksanaannya, pihaknya masih menunggu aturan dari pemerintah pusat.

Aturan itu juga berkaitan dengan teknis pelaksanaan ibadah pada bulan Ramadan dari Kementerian Agama (Kemenag) dan regulasi kendaraan yang boleh beroperasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Sementara itu untuk antisipasi warga Jateng di perantauan yang nekat mudik, Ganjar mengaku juga sudah mulai disiapkan. Termasuk, menyiapkan tempat-tempat isolasi mandiri maupun di rumah sakit di Jateng.

“Tempat isolasi di Jateng sudah pasti [disiapkan], baik isolasi mandiri terpusat maupun isolasi di rumah sakit. Bahkan, tempat isolasi mandiri yang ada saat ini saya minta untuk tetap dipertahankan,” tuturnya.

Baca juga: Nekat Mudik Ke Madiun? Bakal Diisolasi di Rumah Angker

Tempat Isolasi di Jateng

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Yulianto Prabowo, mengatakan terkait tempat isolasi bagi pemudik yang nekat akan dibahas lebih lanjut dengan para kepala daerah di 35 kabupaten/kota di Jateng.

“Nanti akan ada rapat khusus dengan Bupati dan Wali Kota terkait ini [tempat isolasi bagi pemudik]. Sementara yang sudah kami siapkan nanti yang kebutuhan untuk random test,” ujar Yulianto.

Random test atau pemeriksaan secara acak untuk mengetahui gejala Covid-19 kemungkinan besar akan diterapkan Pemprov Jateng di pintu-pintu masuk wilayah Jateng. Random test itu akan lakukan kepada para pemudik yang masuk wilayah Jateng baik melalui jalur darat, udara, maupun laut.

Baca juga: Jelang Paskah, Polda Jateng Siapkan Pasukan Khusus Anti-Teror

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya