Nekat Beraktivitas meski Positif Covid-19, Tukang Parkir di Klaten Dijemput Petugas

Sempat terjadi perdebatan kecil antara tim gabungan dengan tukang parkir yang nekat beraktivitas di luar meski positif Covid-19.

 Petugas menyemprot  cairan desinfektan ke warga yang akan menjalani isolasi di GOR Gelarsena Klaten, Jumat (23/7/2021). (Solopos.com/Ponco Suseno)

SOLOPOS.COM - Petugas menyemprot cairan desinfektan ke warga yang akan menjalani isolasi di GOR Gelarsena Klaten, Jumat (23/7/2021). (Solopos.com/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN — Seorang tukang parkir di depan konter HP di Klaten Tengah, Klaten nekat beraktivitas meski dinyatakan positif Covid-19, Jumat (23/7/2021) pagi. Agar tak menulari orang lain, juru parkir asal Ceper, Klaten berinisial PR itu akhirnya dijemput paksa tim gabungan.

Sebelumnya, Puskesmas Klaten Tengah baru saja men-tracing sejumlah orang yang jadi kontak erat pasien Covid-19. Tim medis langsung melakukan swab antigen. Di antara warga yang di-swab antigen itu adalah PR, 50. PR merupakan tukang parkir di konter HP di kawasan Proliman, Klaten Tengah.

“Yang bersangkutan tetap beraktivitas meski sudah dinyatakan positif Covid-19. Selanjutnya, kami berkoordinasi dengan Polsek dan Koramil untuk menjemput yang bersangkutan. Setelah dilakukan pendekatan humanis, yang bersangkutan bersedia dibawa ke GOR Gelarsena Klaten [tempat isoman terpusat],” kata Camat Klaten Kengah sekaligus Ketua Satgas Covid-19 Klaten Tengah, Sofan, di GOR Gelarsena Klaten, Jumat.

Baca Juga: Tempat Isoman Terpusat di Klaten Terisi Tapi Belum Maksimal, Polisi Siap-Siap Jemput Pasien Covid-19

Sofan mengatakan ada sembila warga yang dijemput paksa tim Satgas Covid-19. Mereka kemudian bersedia menjalani isolasi di GOR Gelarsena Klaten. “Ada debat kecil tadi dengan tukang parkir. Tapi, akhirnya yang bersangkutan bersedia diajak ke GOR Gelarsena Klaten. Kalau yang lainnya juga sudah bersedia,” katanya.

Pendekatan Persuasif

Hal senada dijelaskan Kapolsek Klaten Kota, AKP Sriyanto, mewakili Kapolres, AKBP Edy Suranta Sitepu. Ia mengatakan petugas mengedepankan pendekatan persuasif saat menjemput PR.

“Kami datangi yang bersangkutan lalu kami tanya. Yang bersangkutan sudah tahu kami dari tim Puskesmas Klaten Tengah. Jadi sudah merasa. Dia sudah bekerja di sana saat kami jemput. Saya hanya mengatakan ayo nderek mawon,” katanya.

Baca Juga: Warga Positif Covid-19 Mulai Berdatangan Ke GOR Gelarsena Klaten

Sementara itu, pada Kamis (22/7/2021) kemarin terdapat 427 kasus baru Covid-19. Selain itu, ada tambahan 428 pasien Covid-19 yang sembuh dan 62 kasus kematian. Total kasus Covid-19 di Klaten ada 25.899 kasus, 4.658 di antaranya menjalani perawatan/isolasi mandiri. Kemudian 19.526 orang sembuh dan 1.715 orang meninggal dunia.


Berita Terkait

Berita Terkini

Kebakaran di Klandungan Sragen Menimpa Dapur Rumah Warga

Kebakaran yang terjadi di Desa Klandungan, Kecamatan Ngrampal Sragen, menimpa dapur warga yang berdekatan dengan lokasi penyimpanan jerami. Kerugian ditaksir Rp10 juta.

SGS 2021 Jadi Harapan Pusat Perbelanjaan Solo untuk Dongkrak Transaksi

Pengelola pusat perbelanjaan di Kota Solo sangat berharap para event Solo Great Sale atau SGS 2021 bisa mendongkrak jumlah kunjungan dan transaksi di mal.

Peralihan Musim, BMKG Jateng: Waspadai Puting Beliung di Soloraya!

BMKG Jateng mengimbau warga wilayah Soloraya termasuk Sukoharjo untuk mewaspadai potensi bencana angin kencang saat peralihan musim kemarau penghujan.

Picu Kerumunan, Padang Rumput Tegalharjo Wonogiri Ditutup

Padang rumput luas di wilayah Desa Tegalharjo ini ramai dikunjungi warga setelah viral di media sosial Instagram.

Hujan Abu Tipis di Selo Boyolali, Aktivitas Warga Tetap Normal

Gunung Merapi mengeluarkan awan panas pada Selasa malam pukul 19.41 dan 19.48 WIB.

11 Siswanya Terpapar Covid-19, Ini Penjelasan Kepala SMPN 8 Solo

Klaster penularan Covid-19 di sekolah yang menggelar PTM di Solo meluas ke jenjang SMP, yakni SMPN 8 dan SMPN 4 dengan total 12 siswa positif.

Tangkarkan Benih Padi, Pria Asal Kajen Klaten Raup Omzet Rp1 M/Tahun

Dalam setahun, omzet yang diperoleh Suwono, 70, bisa mencapai Rp1 miliar dengan pendapatan bersih sekitar Rp500 juta.

Awas Nabrak Lur! Ada Tiang Listrik di Tengah Jalan Depan TSTJ Solo

Warga berharap tiang listrik di tengah jalan depan objek TSTJ, Jebres, Solo, bisa digeser ke tepi jalan agar tidak membahayakan pengguna jalan.

Wagub Jateng Dorong Adanya Wisata Halal di Tawangmangu, Ini Maksudnya

Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen, mendorong wisata halal di Tawangmangu untuk membidik wisatawan dari negara muslim.

Maling Kotak Infak di Masjid Ngawonggo Klaten Lolos dari Kejaran Warga

Sebelum menggondol kotak infak, maling berjenis kelamin pria itu sempat mondar-mandir di depan masjid.  

Breaking News! Api Melalap Hunian Warga di Klandungan Sragen

Sedikitnya tiga rumah warga Desa Klandungan, Kecamatan Ngrampal, Sragen dilalap api.

Jangan Coba Buru Satwa Liar di Area Ini, Bisa Kena Denda Rp10 Juta Lur

Pemerintah Desa Karungan, Kecamatan Plupuh, Sragen mengeluarkan peraturan desa untuk melindungi satwa liar di wilayah mereka.

Beredar Info Solar Langka, Kapolres Sukoharjo Langsung Patroli ke SPBU

Aparat Polres Sukoharjo melakukan patroli ke sejumlah SPBU menanggapi informasi yang beredar di masyarakat bahwa solar saat ini langka.

PPKM Turun Level, Penumpang KRL Solo-Jogja dan Prameks Terus Meningkat

Jumlah penumpang KRL Solo-Jogja mengalami kenaikan setelah ada pelonggaran aturan seiring turunnya status PPKM ke level 2.

Belasan UKM di Klaten Korban Order Fiktif Rp2 Juta Lapor ke Polisi

Aksi orang tak dikenal yang menipu para pedagang kecil dinilai sangat merugikan masyarakat dan pengelola panti asuhan putri di Tonggalan, Klaten Tengah.