SOLOPOS.COM - Ilustrasi nakes corona. (Detik.com/Getty Images/iStockphoto)

Solopos.com, BREBES – Aksi nekat dilakukan oleh delapan orang dengan membongkar peti dan memandikan jenazah pasien positif Corona (Covid-19) di Brebes, Jawa Tengah.

“Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Bantarkawung sudah melakukan tracing dan pemantauan terhadap delapan orang ini. Mereka itu yang melakukan pembongkaran peti jenazah pasien Covid-19. Dan memandikan sampai menguburkan,” ujar Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Brebes Imam Budi Santoso, kepada wartawan di kantornya, Selasa (18/5/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Imam mengungkap pembongkaran peti jenazah pasien Corona ini terjadi pada Kamis, (13/5). Seorang warga desa bernama Aisyah, 50, meninggal dunia dengan status positif Covid-19 di RSUD Margono Purwokerto.

Kabar meninggalnya Aisyah diterima keluarga pada sekitar jam 02.30 WIB. Selanjutnya, mobil jenazah tiba di lokasi pemakaman pada pukul 05.30 WIB.

Jenazah ini kemudian diserahterimakan ke petugas yang mengurus kematian (lebe) dan langsung disalati. Selesai disalati, keluarga pasien mempersilakan anggota satgas dan petugas puskesmas untuk pulang. Alasannya agar bisa mengikuti salat Idul Fitri.

“Keluarga meminta semua petugas pulang agar bisa ikut salat Idul Fitri. Untuk pemakaman akan diurus anggota keluarga, karena ada yang bisa memasukkan ke liang lahat dan memimpin doa,” beber Imam.

Namun yang terjadi di luar dugaan. Setelah petugas pulang, peti jenazah dibongkar. Jenazah pasien Corona itu dikeluarkan dan dimandikan.

“Jenazah ini ternyata dibongkar paksa dan dimandikan lagi terus dikuburkan sendiri sama warga,” lanjut dia dilansir Detik.com.

Setelah kejadian ini, Dinas Kesehatan Brebes melaksanakan tracing. Delapan orang ini dites rapid antigen.

“Hasilnya sementara negatif. Tapi mereka akan terus dipantau, karena masih masa inkubasi,” pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya