SOLOPOS.COM - Sidang Paripurna DPR Tandingan, Selasa (4/11/2014). (Dedi Gunawan/JIBI/Bisnis)

Negara runtuh jika terjadi saling tidak percaya di antara para penyelenggara negara. Inilah yang diisyaratkan Ketua MK.

Solopos.com, JAKARTA — Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Arief Hidayat, mengisyaratkan runtuhnya negara ini diakibatkan oleh sejumlah hal, salah satunya kelemahan kepercayaan di antara para penyelenggara negara.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Saat ini, paparnya, Indonesia tidak dibangun oleh kekuatan kepercayaan tinggi antara penyelenggara negara di tingkat eksekutif, yudikatif, dengan legislatif. “Kita sudah ada pada low trust society. Itu yang membuat kita hancur,” katanya di Kompleks Gedung Parlemen, Senin (2/3/2015).

Antarlembaga negara, lanjut Arief Hidayat, sudah saling curiga, saling mengintip, dan saling menjatuhkan. “Banyak dari lembaga negara tidak saling menguatkan dan saling menopang untuk membangun bangsa dan negara.”

Kondisinya, tidak seperti perbedaan yang diungkap oleh Mohammad Natsir dan Presiden Soekarno. “Meski keduanya berbeda pandangan, namun perbedaan mereka bisa menghasilkan dasar negara kita, Pancasila.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya