NEGARA PALESTINA : Vatikan Akui Kedaulatan Palestina

NEGARA PALESTINA : Vatikan Akui Kedaulatan Palestina

SOLOPOS.COM - Paus Fransiskus I menyapa umat Katolik saat untuk kali pertama tampil di balkon Basilika Santo Petrus, Rabu (13/3/2013) atau Kamis dini hari WIB. Paus Fransiskus I adalah kardinal asal Argentina, Jose Mario Bergoglio, yang terpilih dalam konklaf atau pertemuan rahasia para kardinal di Kapel Sistina, Vatikan. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Negara Palestina kembali memperoleh pengakuan dari negar di Eropa. Vatikan baru saja menyatakan secara resmi mengakui kedaulatan Palestina.

Solopos.com, VATIKAN - Vatikan menambah panjang daftar negara Eropa yang mengakui Palestina. Vatikan yang menyatakan sepakat memberikan pengakuan kepada negara itu, melalui sebuah dokumen perjanjian.

"Vatikan secara resmi mengakui negara Palestina dalam sebuah perjanjian yang akan ditandatangani segera," kata otoritas setempat seperti dilansir Liputan6 mengutip laporan dari BBC, Kamis (14/5/2015).

"Diharapkan perjanjian tersebut akan membantu mewujudkan apa yang disebut sebagai 'solusi dua negara' guna mengakhiri konflik dengan Israel," kata Wakil Menteri Luar Negeri Vatikan, Antoine Camilleri.

Respons berbeda datang dari Israel, yang mengatakan kecewa atas langkah Vatikan. Mereka menilai keputusan tersebut akan mengganggu perundingan bilateral.

Wartawan BBC di Roma, David Willey, mengatakan Paus Fransiskus berupaya memperkuat kehadiran Kristen di Timur Tengah di saat ratusan ribu pemeluk agama ini menyelamatkan diri dari tindakan agresif kelompok ISIS.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas juga dilaporkan bertemu Paus akhir pekan ini.

Dengan rencana pengakuan tersebut, Tahun lalu, Parlemen Eropa, Inggris, Republik Irlandia, Spanyol, dan Prancis menyetujui mosi mendukung Negara Palestina. Begitu pula dengan Swedia. Belakangan negara-negara Asia-Afrika juga menyatakan dukungannya.

Pemerintah Israel meradang ketika mengetahui Vatikan telah memberikan pengakuan terhadap kedaulatan Palestina. Negeri Zionis itu mengaku sangat kecewa, dan menyebut sikap Vatikan hanya akan memperbutuk situasi di kawasan Timur Tengah.

“Kami sangat kecewa dengan sikap Vatikan. Pengakuan ini akan mempersulit Palestina untuk kembali ke meja perundingan,” ucap juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel, Emmanuel Nahshon, seperti dilansir The Times of Israel, Kamis (14/5/2015).

Berita Terkait

Berita Terkini

Hamil di Luar Nikah, Pelajar SMK Magelang Gugurkan Janin 8 Bulan

Pelajar SMK nekat melakukan aborsi pada janin 8 bulan yang ia kandung. Warga menemukan janin yang ia kubur dan melaporkannya ke polisi.

Daging Busuk Kedapatan Dijual di Pasar Tradisional Magelang

Tim Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang, menemukan daging busuk dijual di pasar saat sidak pasar daging di beberapa pasar tradisional.

35 Jemaah Masjid di Gayam Sukoharjo Jadi Kontak Erat Pasien Covid-19

Sebanyak 35 jemaah Masjid Al Huda Darmosari, Kelurahan Gayam, Kecamatan/Kabupaten Sukoharjo menjadi kontak erat 1 jemaah positif Covid-19.

Warga Kawasan Aglomerasi Boleh Mengunjungi Objek Wisata Klaten

Pemkab Klaten akhirnya tak membatasi daerah asal pengunjung objek wisata. Namun, para pengelola harus tetap menerapkan ketentuan jumlah pengunjung maksimal 30% dari kapasitas.

Miris, Pelaku Pembakar Gadis Cianjur Ternyata Kekasih Sendiri

Polres Cianjur menangkap pria pelaku pembakar gadis bernama Indah Daniarti. Pelaku ternyata kekasih korban.

Tom Cruise Ngamuk Saat Syuting "Mission Impossible 7", Kenapa Ya?

Kesabaran Tom Cruise saat pembuatan Mission Impossible 7 sepertinya tengah diuji.

Resep Opor Ayam Khas Solo Sedap untuk Lebaran

Berikut resep opor ayam spesial khas Solo yang dapat disajikan saat Lebaran tiba untuk menjamu keluarga tercinta.

Cari Bandar Pil Koplo di Lapas Probolinggo, Polisi Pulang dengan Tangan Hampa

Berbekal informasi dari pengedar pil koplo yang mereka tangkap, Satnarkoba Polres Tulungagung Kota merazia Lapas Tulungagung. Namun mereka tak menemukan bandar maupun barang bukti dalam razia tersebut.

Pabrik Snack di Tegalmas Klaten Terbakar, Kerugian Rp500 Juta

Kuat dugaan, kobaran api itu bersumber dari penggorengan di tungku atau kompor yang telah disiapkan dua karyawan pabrik snack itu.

Berkah Bulan Puasa, Penjualan Eceran Maret 2021 Melejit dari Posisi Minus

Hasil Survei Penjualan Eceran (SPE) mengindikasikan peningkatan kinerja penjualan eceran secara bulanan pada Maret 2021.

320 Bidang Tanah Telah Dibebaskan untuk JLT, 6 Pemilik Lahan Menolak

Pembayaran ganti rugi lahan dan bangunan milik masyarakat dilaksanakan di aula Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sukoharjo, Senin (10/5/2021).

OTT Bupati Nganjuk, Diehard Orang Terbaik KPK

"Udah masuk list 75, tapi masih OTT smiling face with smiling eyes."