SOLOPOS.COM - Bendera palestina dikibarkan pada saat pemungutan suara mahkamah umum pbb berlangsung, kamis (29/11/2012). (news.yahoo.com)

bendera palestina dikibarkan pada saat pemungutan suara mahkamah umum pbb berlangsung, kamis (29/11/2012). (news.yahoo.com)

YERUSALEM – Pengakuan PBB terhadap Palestina sebagai negara non-anggota jauh dari sekadar simbolis. Bagi Palestina, perkembangan baru ini memberi dorongan penting di bidang legitimasi internasional dalam upaya mendapatkan kemerdekaan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sementara bagi Israel dan sekutu pentingnya, Amerika Serikat (AS), pengakuan PBB itu merupakan kemunduran diplomatik dan berpotensi implikasi serius.

Berikut pengaruh penting hasil pemungutan suara Majelis Umum (MU) PBB, Kamis (29/11/2012), mengenai status Palestina bagi ketiga negara kunci tersebut.

Palestina

Pemungutan suara MU PBB ini menguntungkan pada berbagai tingkatan. Di dalam negeri, pengakuan PBB memberikan dorongan kuat bagi Presiden Mahmoud Abbas dalam persaingannya dengan kelompok militan Hamas.

Dengan upaya perdamaian yang tersendat, Abbas terus kehilangan popularitas di depan publik Palestina. Sementara seperti dilansir yahoonews, Jumat (30/11/2012), popularitas Hamas naik tajam setelah berjuang melawan Israel selama delapan hari pertempuran di Jalur Gaza.

Secara internasional, hasil sidang MU PBB itu menempatkan Abbas dan agenda Palestina kembali di tengah panggung dunia. Pemungutan suara itu memberikan dukungan internasional sangat besar bagi Abbas dalam memperjuangkan wilayah Palestina merdeka yang meliputi Tepi Barat, Jalur Gaza dan Yerusalem timur, wilayah yang dicaplok Israel dalam perang Timur Tengah 1967.

Dengan Benjamin Netanyahu memimpin Israel, keputusan MU PBB ini memperkuat posisi Abbas jika pembicaraan damai dimulai lagi. Keputusan ini juga membuka pintu bagi Palestina untuk bergabung dengan badan-badan PBB, terutama Mahkamah Pidana Internasional (ICC).

Dengan bergabung ICC, Palestina bisa memperjuangkan tuduhan kejahatan perang terhadap Israel untuk operasi militer dan pembangunan pemukiman Yahudi di wilayah-wilayah pendudukan.

Namun pengakuan PBB ini juga mempunyai sisi negatif bagi Palestina, yakni pemungutan suara itu tidak mengubah situasi di lapangan. Hal ini berulang kali ditekankan Israel dalam menumpulkan setiap upaya diplomatik Palestina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya