SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengajuan visa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Sejumlah negara tawarkan golden visa, lantas apa sajakah keuntungannya? Bagi kebanyakan orang bisa jadi masih asing dengan istilah ini.

Golden visa adalah program imigrasi yang memungkinkan orang kaya untuk mendapatkan izin tinggal atau bahkan kewarganegaraan di negara lain hanya dengan membeli rumah di sana atau melakukan investasi atau sumbangan yang relatif besar. Mereka yang dapat mengajukan golden visa dapat dengan mudah memperoleh paspor kedua, atau setidaknya tinggal di negara lain, untuk diri mereka sendiri dan anggota keluarga mereka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jika Anda melakukan investasi yang diperlukan dan mengajukan permohonan golden visa, Anda dan anggota keluarga Anda akan menjadi penduduk resmi negara tersebut. Anda dapat tinggal di sana, pergi ke sekolah, dan mendapatkan akses ke perawatan kesehatan.

Baca Juga: Omicron Merebak, Wapres: WNI Dilarang Bepergian ke Luar Negeri

Jika Anda tertarik untuk mengetahui negara mana yang menawarkan ini, berikut ini negara yang tawarkan golden visa seperti dilansir dari timestravel dan Bisnis.com pada Sabtu (22/1/2022):

1. Austria

Austria dikenal memiliki salah satu undang-undang kewarganegaraan paling ketat di Eropa. Inilah alasan mengapa permintaan golden visa juga tinggi di antara calon investor. Sesuai program, kuota tahunan 300 visa diproses, yang berarti tidak banyak orang akan dapat menerima residensi dengan berinvestasi di negara tersebut. Agar memenuhi syarat untuk visa tersebut, investor harus berinvestasi langsung di negara tersebut, yaitu, berinvestasi €3 juta dalam dana pemerintah, atau €10 juta ke dalam bisnis. Selanjutnya, untuk mengajukan kewarganegaraan, seseorang harus tinggal setidaknya 10 tahun di negara tersebut.

2. Kanada

Kanada juga menawarkan sejumlah program investasi; namun, yang paling populer adalah Program Investor Imigran Quebec (QIIP). Untuk memenuhi syarat untuk program ini, obligasi minimal CAD 1,2 juta. Sebagian besar program investasi Kanada, seseorang harus mengajukan permohonan kewarganegaraan setelah tiga tahun.

3. Bulgaria

Bulgaria adalah salah satu negara yang bisa mendapatkan jalur kewarganegaraan tercepat ke Eropa. Untuk memenuhi syarat ini, seseorang harus mengajukan permohonan untuk Bulgarian Golden Visa dengan membeli obligasi minimal €512000. Mereka kemudian harus menggandakan investasi mereka dan menerima kewarganegaraan dalam waktu 18 bulan.

Baca Juga: Inggris Tak Wajibkan Lagi Tes Covid bagi Pelancong Vaksin Penuh

4. Inggris

Bagi mereka yang memiliki dana atau calon investor, Inggris menawarkan visa Investor Tier-1. Sesuai laporan, investasi minimum adalah £2000,000, yang harus disimpan di lembaga keuangan yang diatur. Investor kemudian dapat mengajukan permohonan kewarganegaraan Inggris setelah beberapa tahun jika mereka memenuhi kriteria kelayakan lainnya.

5. Irlandia

Program golden visa di Irlandia menawarkan izin tinggal yang dapat diperpanjang jika seseorang berhasil menginvestasikan setidaknya €1 juta baik dalam dana investasi, dana real estat, dana perusahaan, atau dana abadi. Jika seseorang tidak dapat memenuhi syarat untuk kewarganegaraan dengan golden visa Irlandia secara langsung, maka mereka akan diminta untuk mengajukan kewarganegaraan melalui naturalisasi.

6. Spanyol

Ada program yang disebut program residensi-oleh-investasi, yang memungkinkan seseorang untuk berinvestasi dan menjadi penduduk tetap setelah lima tahun. Dan jika mereka terus tinggal di negara itu, mereka dapat memperoleh kewarganegaraan setelah 10 tahun. Untuk mengajukan golden visa Spanyol, seseorang harus menginvestasikan €500.000 di real estat.

7. Swiss

Program golden visa di negara ini sedikit berbeda dengan negara lain. Anda tidak diharuskan membeli dana, real estat, atau obligasi pemerintah. Siapa pun dapat memenuhi syarat untuk program tersebut jika mereka dapat memberikan bukti membayar pajak tahunan antara CHF 150.000 dan CHF 1 juta. Untuk mendapatkan kewarganegaraan, seseorang harus tinggal di negara ini setidaknya selama 10 tahun.

Baca Juga: Peneliti Uji Coba Vaksin Covid-19 Melalui Hidung

8. Uni Emirat Arab

Dalam rencana Golden Visa Dubai, UEA menawarkan program residensi 5 tahun dan program residensi 10 tahun. Agar memenuhi syarat untuk opsi 5 tahun, seseorang akan diminta untuk menginvestasikan jumlah minimum AED 5 juta di sebuah properti di UEA. Sedangkan untuk memenuhi syarat untuk opsi 10 tahun, seseorang akan diminta untuk menginvestasikan setidaknya AED 10 juta dalam investasi publik.

9. Portugal

Portugal menawarkan salah satu program golden visa paling menguntungkan di dunia. Seseorang dapat menjadi penduduk Portugal dengan menginvestasikan setidaknya €500.000 di real estat, sedangkan jumlahnya diturunkan menjadi €400.000 jika seseorang memutuskan untuk berinvestasi di daerah dengan kepadatan rendah.

Baca Juga: Kembangkan Kendaraan HEV, Renault Gandeng Geely

5. Singapura

Siapa pun dapat memenuhi syarat untuk golden visa Singapura jika mereka berhasil menginvestasikan setidaknya SGD 2,5 juta di salah satu dari berikut ini:

– Membangun bisnis baru atau berinvestasi dalam yang sudah ada.

– Dapatkan kantor keluarga tunggal di negara ini.

– Dana yang disetujui di Singapura.

Terlepas dari ini, seseorang harus dapat memberikan akun keuangan yang diaudit perusahaan mereka atau memiliki pengalaman bisnis sebelumnya. Seseorang bahkan dapat memperoleh status penduduk tetap setelah dua tahun, mereka bahkan dapat melanjutkan dan mengajukan permohonan kewarganegaraan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya