SOLOPOS.COM - Masjid Agung Sultan Qaboos Oman (Freepik)

Solopos.com, SOLO -- Jumlah negara di dunia setidaknya sekitar 200 negara. Namun, hanya ada satu negara yang namanya diawali huruf O yaitu Oman.

Oman yang beribu kota di Muscat ini berbatasan dengan Arab Saudi di sebelah barat, Yaman di sebelah barat daya dan Uni Emirat Arab di sebelah barat lautnya. Sedangkan disebelah tenggara adalah Laut Arab dan di sebelah timur lautnya adalah Teluk Oman.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Negara Timur Tengah ini sempat memiliki pengaruh luas pada abad ke-19 saat Kesultanan Oman memiliki pengaruh dari Selat Hormuz hingga ke Iran dan Pakistan bahkan hingga ke Kepulauan Zanzibar (sebelah timur pesisir Afrika).

Hindari Virus Corona, Presiden Tanzania Ganti Salaman Dengan Tos Kaki

Kekuatan Kesultanan Oman mulai menurun pada abad ke-20 dan menjadikannya sebagai salah satu kesultanan yang dipengaruh oleh Britania Raya (Inggris Raya). Meskipun demikian, Kesultanan Oman tidak pernah menjadi negara protektorat atau koloni Britania Raya.

Negara ini menganut sisten pemerintahan monarki absolut yaitu sistem pemerintahan yang kepala negara dan kepala pemerintahannya adalah seorang sultan atau raja.

Pada 2017 lalu, penduduk negara ini sekitar 4,6 juta orang dengan luas wilayah sekitar 309.500 km persegi. Dengan luas sebesar itu, negara Oman hampir setara dengan luas Papua yaitu 319.036 km persegi.

Berdarah Jawa, Ini Sepak Terjang Muhyiddin Yassin Sebelum Jadi PM Malaysia

Oman disebut-sebut sebagai negara yang penduduknya ramah dengan tingkat toleransi yang cukup tinggi. Hal ini menjadikan  Oman sebagai salah satu tujuan?wisata yang menarik di Timur Tengah.

Ilustrasi negara Oman
Ilustrasi negara Oman (Freepik)

Salah satu tujuan wisata di negara ini adalah Muscat yang menjadi ibu kota negara. Sebagaimana dilansir dari Liputan6.com, beberapa waktu lalu, di kota ini wisatawan bisa menikmati suasana kota dengan pemandangan yang sangat artistik berpadu dengan kesan alamnya yang sangat indah.

Untuk urusan kuliner tidak perlu bingung karena Muscat memiliki aneka wisata kuliner khas negara Timur Tengah ini.

Masjid Agung Sultan Qaboos

Tempat wisata lain yang juga menarik adalah Masjid Agung Sultan Qaboos. Masjid ini diresmikan pada 2001 di tengah Kota Muscat. Masjid ini memegang rekor kedua sebagai masjid dengan karpet buatan tangan terbesar di dunia.

Memiliki luas bangunan 40.000 meter persegi, masjid ini juga menjadi urutan 11 masjid terbesar dan termegah di dunia. Ruang-ruang salat yang terdapat di dalam masjid mampu menampung hingga 20.000 jamaah dalam waktu bersamaan.

Selain kemegahan bangunan dan interiornya, Masjid Agung Sultan Qaboos juga terkenal dengan tamannya yang sangat indah, luas, dan terawat.

Kota lain di Oman yang menarik dikunjungi adalah Salalah. Kota terbesar kedua di Oman ini menarik dikunjungi wisatawan karena terdapat festival yang diselenggarakan selama musim hujan atau dikenal dengan sebutan Khareef. Musim hujan di Salalah antara Juli hingga September.

Salju Antartika Merah Darah, Awas Cepat Meleleh!

Selama musim hujan, daerah Salalah yang tadinya gurun tandus menjadi hijau dan subur, dengan sungai dan air terjun yang mengalir. Peristiwa unik itu disebut juga Salalah Monsoon.

Untuk mengunjungi negara Oman, wisatawan dari Indonesia dapat mengajukan visa online atau visa on arrival yang memakan biaya sekitar 5 Omani Rial atau sekitar hampir Rp200.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya