SOLOPOS.COM - Berusaha Menembus Hadangan

Solopos.com, SOLO – Hujan abu vulkanik yang mengguyur Kota Solo akibat erupsi Gunung Kelud membuat laga Speedy National Basketball League (NBL) Seri III dan Women National Basketball League (WNBL) Seri II berakhir lebih awal. Sejumlah pertandingan yang sekiranya berlangsung pada Jumat-Minggu (14-16/2/2014) di Sritex Arena, Solo, pun terpaksa batal digelar.

Public and Media Relations Manager P.T. Deteksi Basket Lintas (DBL) Indonesia, Roky Maghbal, dalam rilisnya kepada Solopos.com, Jumat malam, menjelaskan laga NBL Seri III dan WNBL Seri II di Kota Solo tidak memungkinkan untuk dilanjutkan. Kondisi dihentikan murni karena force majeur akibat erupsi Gunung Kelud yang terjadi Kamis (13/2/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sinyal NBL dan WNBL Seri Solo bakal berakhir prematur sebenarnya sudah tercium sejak Jumat pagi. Sebanyak empat laga yang bakal digelar Jumat harus dihentikan karena kondisi lapangan yang tidak memungkinkan menggelar pertandingan.

Abu bahkan menerebos masuk GOR Sritex Arena Solo yang menjadi venue perhelatan akbar ajang bola basket paling bergengsi di Tanah Air itu. “Tadi, kami cek ternyata masih banyak abu yang berterbangan ke dalam GOR, sudah dibersihkan tetap balik lagi,” kata Roky kepada Solopos.com, Jumat siang.

Menurut dia, lantai lapangan yang tertutup abu rawan menyebabkan para pemain terpeleset saat bertanding. Selain itu, abu vulkanik yang disemburkan Gung Kelud juga berdampak buruk bagi kesehatan.

“Kami sudah konsultasi dengan pakar kesehatan, abu itu berbahaya bagi kesehatan kalau sampai terhirup. Demi kesehatan para pemain, kami memutuskan meliburkan semua pertandingan,” jelas dia.

Sedianya, terdapat tiga laga NBL dan satu laga WNBL yang akan digelar Jumat siang hingga malam. Salah satunya adalah duel tim WNBL, Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta kontra Surabaya Fever yang harus ditunda. Selain itu, laga NBL antara Stadium Jakarta lawan Nikko Steel Malang, Garuda Kukar Bandung kontra Satya Wacana Metro LBC Bandung, dan Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta versus JNE BSC Bandung Utama, juga delay.

Sebagai gantinya, lanjut Roky, empat pertandingan yang dijadwalkan digelar hari itu bakal diselenggarakan di seri selanjutnya. “Jadi jadwal Seri Solo tidak akan diperpanjang atau mundur. Semua laga yang belum dipertandingan akan disusulkan di seri selanjutnya,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya