SOLOPOS.COM - Forward Memphis Grizzlies, Zach Randolph (kanan) merayakan kemenangannya bersama fans-nya seusai memastikan timnya melaju ke final Wilayah Barat kali pertamanya dengan menyingkirkan Oklahoma City Thunder 4-1 di Oklahoma City, Kamis (16/5/2013). JIBI/SOLOPOS/Reuters

Forward Memphis Grizzlies, Zach Randolph (kanan) merayakan kemenangannya bersama fans-nya seusai memastikan timnya melaju ke final Wilayah Barat kali pertamanya dengan menyingkirkan Oklahoma City Thunder 4-1 di Oklahoma City, Kamis (16/5/2013). JIBI/SOLOPOS/Reuters

OKLAHOMA CITY – Memphis Grizzlies mengukir sejarah baru dengan memastikan langkahnya ke babak final Wilayah Barat untuk kali pertamanya. Grizzlies melaju ke final setelah menyingkirkan unggulan teratas Wilayah Barat, Oklahoma City Thunder.

Kepastian ini dicapai Grizzlies setelah pada semifinal play off game kelima di Chesapeake Energy Arena, Oklahoma City, Kamis (16/5/2013) WIB, mengalahkan Thunder dengan skor 88-84. Berkat kemenangan ini, Grizzlies unggul secara agregat 4-1 dalam best of seven.

Pada babak final Wilayah Barat atau semifinal NBA musim ini, Grizzlies akan menghadapi pemenang antara San Antonio Spurs dan Golden State Warriors. Saat ini, Spurs dalam posisi unggul 3-2 atas Warriors pada best of seven.

Menghadapi Thunder, Memphis sempat tertinggal di quarter pertama dalam kedudukan 18-23. Namun, sebelum turun minum Memphis mampu membalikkan kedudukan menjadi 50-38.

Seusai jeda, Thunder, yang ingin memperpanjang nafasnya mencoba memperkecil ketertinggalan. Usaha runner up NBA musim lalu itu berjalan cukup mulus dengan mempertipis ketertinggalan menjadi 62-64 pada quarter ketiga.

Pada quarter keempat pertandingan berjalan kian sengit. Keunggulan 86-84 Mempis nyaris terkejar Thunder saat pertandingan tersisa beberapa detik.

Sayang, tembakan bebas point guard Thunder, Kevin Durant, gagal menemui sasaran. Peluang Thunder yang gagal langsung dimanfaatkan Memphis menambah keunggulan. Tony Allen yang mendapat peluang pun langsung menambah dua angka untuk mengunci kemenangan Memphis.

Zach Randolph tampil sebagai pahlwan Memphis. Forward 31 tahun ini mengukir 28 poin dan 14 rebound untuk membawa timnya melaku ke final Wilayah Barat kali pertamanya.

“Ini kali pertama, jadi jelas ini berarti banyak. Saya sangat gembira, namun kami masih memiliki pekerjaan,” ujar Randolph. “Saya ingin memenangi cincin [juara].”

Pencapaian Grizzlies musim ini memang terbilang paling baik dibanding musim sebelumnya. Dalam tiga play off pertamanya, Grizzlies tak pernah melaju hingga ke semifinal wilayah. Kendati demikian, hal tak lantas membuat Memphis berpuas diri.

“Kami sedang berusaha melakukan sesuatu yang benar-benar istimewa. Kami ingin pergi sejauh yang kami bisa,” ujar pelatih Lionel Hollins. “Untuk mencapai sana, kami harus melewati Oklahoma Ciy. Dan sekarang, kami harus melewati, baik Golden State atau San Antonio, untuk mendapatkan hal yang lebih.”

Sementara itu, dikubu Thunder, Durant menjadi pencetak skor tertinggi dengan 21 poin, delapan rebound dan enam assist. Sedang, Serge Ibaka menyusul dengan donasi 17 poin.

Tersingkir di semifinal Wilayah merupakan kejutan pahit bagi Thunder. Maklum, semula runner up NBA musim lalu itu sempat menempati unggulan teratas di awal musim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya