NATURALISASI ATLET : Ingin Jadikan Atlet Rumania WNI, Menpora Banjir Kecaman
Ingin Jadikan Atlet Rumania WNI, Menpora Banjir Kecaman (Liputan6.com)

Naturalisasi atlet gulat Rumania agar menjadi WNI membuat Menpora Imam Nahrawi dikecam.

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengajukan permohonan naturalisasi atlet gulat asal Rumania, Nastrusnicu Roxana Andreea, menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Dikutip dari Liputan6.com, Kamis (25/6/2015), permohonan naturalisasi atlet itu diajukan saat rapat dengan Komisi III DPR yang membidani masalah Hukum yang digelar pada Rabu (25/6/2015) kemarin. Permintaan Menpora itu mendapat berbagai tanggapan dari anggota Komisi Hukum.

"Roxana telah tinggal dan menikah dengan pria WNI sehingga telah memenuhi syarat menjadi WNI. Dia akan diproyeksikan untuk gulat kelas 69 kg di Sea Games 2017 dan Asian Games 2018," kata Menpora Imam Nahrawi mengenalkan sang atlet dalam raker.

Kiprah Roxana di Eropa memang cukup gemilang. Sofia kabarnya pernah juara gulat putri di Albania, cadet junior dan senior di Rumania, dan mendapat medali perak di Spanyol Open. Namun, Menpora dikritik karena dianggap melalaikan faktor pembinaan hingga harus mengajukan permohonan untuk menaturalisasi atlet.

"Pak Menteri bisa memberikan gambaran prestasi  sebelumnya dan setelahnya apa? Sebenarnya ini jalan pintas dan Fraksi Demokrat tidak suka ini, kesannya kita malas pembinaan," tutur anggota Komisi III dari Fraksi Demokrat, Erna Ranik.

Raker tersebut merupakan kelanjutan dari surat permohonan Kemenpora bernomor 04504/Menpora/11/2014 pada tanggal 12 November untuk naturalisasi atlet gulat Rumania, Andrea sebagai WNI.

"Kami tidak suka naturalisasi karena ini jalan pintas. Kalau Pak Menteri Imam Nahrawi senang yang jangka pendek begini hasilnya," kata Erna menambahkan.

Medali Emas
Dilansir Kantor Berita Antara, Kamis, Nastrusnicu Roxana Andreea-yang berubah nama menajdi Rahma Sofia-berasal dari Kota Resita, Rumania. Rahma sudah dua tahun tinggal di Indonesia. Wanita berusia 26 tahun itu memiliki suami bernama Indra Satria Perkasa, atlet gulat asal Kalimantan Selatan.

Rahma menceritakan, dirinya datang kali pertama ke Indonesia tahun 2012 saat menjadi atlet latih tanding untuk pegulat Indonesia. Rahma ingin mengikuti SEA Games 2017 dan Asian Games 2018 dan menyumbangkan medali emas untuk Indonesia.

"Saya mau ikut SEA Games di Malaysia. Saya ingin sumbangkan emas bagi Indonesia. Saya melihat, olahraga gulat Indonesia sangat bagus dan memiliki masa depan bagus. Apabika pensiun, saya akan menjadi pelatih," kata Rahma.

Rahma sendiri sudah mengeluti dunia gulat sejak umur sembilan tahun. Berbagai kejuaraan gulat internasional sudah dilakoninya. Selama di Indonesia, dirinya terus mengikuti kejuaraan nasional dan selalu meraih emas.

"Saya mendapat medali emas di Kerjunas Gulat Bandung, terus Kejurnas Gulat di Jakarta tahun 2014 juga mendapat emas," kata Rahma.

Dalam rapat dengan Komisi III DPR RI yang dipimpin oleh Aziz Syamsuddin, anggota Komisi III DPR RI antusias melontarkan pertanyaan kepada Rahma yang fasih berbahasa Indonesia."Coba nyanyi lagu Indonesia Raya," kata anggota Komisi III DPR RI, Adies Kadir kepada Rahma.

Rahma langsung menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan diiringi oleh seluruh anggota Komisi III DPR RI dan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

Pada hari Kamis ini menjadi tenggat yang diberikan Ketua Komisi III, Aziz Syamsuddin, kepada seluruh fraksi untuk memberikan laporan tertulis terkait pemberian kewarganegaraan Indonesia kepada Roxana Andreea atau Rahma Sofia ini.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom