SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Tiket perjalanan kereta api dari Stasiun Tawang maupun Stasiun Poncol, Kota Semarang, pada masa libur Hari Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 masih tersisa banyak. Meski pun libur Hari Natal 2018 yang jatuh pada Selasa (25/12/2018), tinggal beberapa hari lagi.

Total ada sekitar 799.884 tiket yang disediakan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) IV Semarang selama masa libur Natal dan Tahun Baru, yakni 20 Desember 2018-6 Januari 2019 ke berbagai rute dari Stasiun Tawang maupun Stasiun Poncol. Namun dari jumlah sebanyak itu, hingga kini baru sekitar 65% yang telah terjual atau pun dipesan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Yang paling banyak dipesan atau terjual itu saat tanggal 25 Desember 2018 dan 1 Januari 2019. Sekitar 98%, kalau yang lainnya masih ada,” ujar Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Suprapto, saat dihubungi Semarangpos.com, Rabu (19/12/2018).

Suprapto menyebutkan selama masa angkut libur Natal dan Tahun Baru, PT KAI Daops IV Semarang mengoperasikan 82 perjalanan kereta api dengan kapasitas tempat duduk mencapai 44.348 setiap harinya. Tempat duduk itu terdiri dari perjalanan lokal mencapai 9.912 tempat duduk, jarak jauh atau menengah yang berangkat dari wilayah PT KAI Daps IV sekitar 5.598 tempat duduk, serta jarak jauh atau menengah yang melintas di wilayah Semarang mencapai 28.838 tempat duduk.

Kendati tiket perjalanan KA dari Semarang maupun sebaliknya untuk masa libur Natal dan Tahun Baru masih tersisa cukup banyak, Suprapto memprediksi jumlah penumpang kali ini lebih banyak dibanding periode yang sama pada tahun lalu.

Jika pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2018, jumlah penumpang di wilayah PT KAI Daops IV Semarang hanya berkisar 376.849 jiwa, maka tahun ini diprediksi naik sekitar 4,8% atau mencapai 394.958 orang.

“Puncak arus mudik Natal dan Tahun Baru di Semarang akan terjadi dua kali, yakni pada tanggal 25 Desember dan 1 Januari. Pada 25 Desember diprediksi, penumpang mencapai 25.679 orang. Sedangkan, tanggal 1 Januari sekitar 26.312 orang,” jelas Suprapto.

Sementara itu, untuk menyukseskan masa angkut Natal dan Tahun Baru, PT KAI Daops IV Semarang akan menyiagakan ribuan personel guna melayani penumpang di 44 stasiun di wilayahnya, mulai dari Tegal-Gundih.

Executive Vice President (EVP) PT KAI Daops IV Semarang, Yosita, meminta semua petugas di wilayahnya bekerja sungguh-sungguh dalam melayani penumpang selama liburan Natal dan Tahun Baru.

“Kita harus berusaha agar momen angkut Nataru [Natal dan Tahun Baru] ini menjadi pengalaman menyenangkan bagi masyarakat dalam menggunakan kereta api,” tutur Yosita.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya