SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Wisawatan yang hendak menginap di Jogja pada libur tahun baru harus bersiap merogoh kocek dalam-dalam. Mayoritas hotel berbintang menaikkan tarif penginapan pada libur  perayaan tahun baru Masehi itu.

Kenaikan tarif hotel berkisar antara Rp100.000-Rp200.000 dari harga normal. Kenaikan tarif di antaranya dilakukan manajemen Hotel Grand Palace yang beralamat di Jalan Mangkuyudan. Hotel bintang tiga itu menaikan tarif sebesar Rp200.000 dari tarif normal. Tarif hotel berdesain Yunani Romawi ini pada kondisi normal dibanderol mulai Rp850.000-Rp2,1 juta per malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sales and Marketing Manager Hotel Grand Palace Ed Widiarti atau yang biasa disapa Titi menuturkan, kenaikan tarif berlaku untuk semua tipe kamar mulai dari 28 Desember hingga 1 Januari. “Pada libur tahun baru kami memang biasa menaikan tarif karena banyak tamu, tapi kalau libur Natal tarif tetap normal,” ujarnya. Saat menjelang tahun baru, semua kamar biasanya telah dipesan. Saat ini saja Titi mengklaim, pemesanan kamar untuk libur tahun baru sudah mencapai 50%.

Kenaikan tarif saat tahun baru juga diberlakukan di Hotel Saphire Jogja. Director of Sales and Marketing Hotel Saphire Erny Kusumastuti mengatakan, manajemen juga menerapkan charge tambahan sebesar Rp200.000 mulai 30 Desember hingga 1 Januari.

Tarif hotel yang terletak di Jalan Laksda Adi Sutjipto ini dibanderol mulai dari Rp550.000-Rp4 juta per malam pada kondisi normal. “Pas malam tahun baru di swimming pool juga ada gala dinner,”  urai dia.

Sementara itu di LPP Hotel Group, kenaikan tarif justru berlaku sejak liburan Natal mulai 22 Desember hingga 2 Januari. Namun tarif tambahan lebih rendah hanya naik Rp100.000. Kenaikan berlaku untuk semua tipe kamar.

Sales Manager Hotel LPP Garden Florentina menyatakan, kenaikan tarif terpaksa dilakukan karena pemesanan kamar meningkat tak hanya saat libur tahun baru namun juga Natal. Saat liburan tahun baru, mayoritas tamu didominasi wisatawan lokal.

“Saat Natal biasanya mencapai 70%-80% bahkan juga bisa penuh. Kalau tahun baru biasanya penuh,” tuturnya. LPP Hotel Garden berkapasitas 45 kamar dengan tarif mulai dari Rp625.000-Rp1,5 juta per malam. Florentina menambahkan, agenda hiburan juga dijadwalkan di LPP guna memeriahkan malam tahun baru. Pihaknya juga menawarkan paket malam pada malam tahun baru seharga Rp100.000 per orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya