SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Kenaikan jumlah penumpang di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang, saat libur Hari Natal, Selasa (25/12/2018), tak sampai 10% dari tahun sebelumnya.

Data yang diperoleh Semarangpos.com, Rabu (26/12/2018) dari PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang menyebutkan pada libur Natal tahun ini terjadi peningkatan penumpang sekitar 9% dibanding periode sama pada tahun lalu. Jika tahun 2017 lalu, jumlah penumpang pesawat di Bandara Ahmad Yani saat libur Natal hanya mencapai 12.829 orang, maka kali ini mencapai 13.946 jiwa.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Ditambah lagi, peningkatan saat Hari Natal 2018 ini, total jumlah penumpang pesawat di Bandara Ahmad Yani Semarang selama masa libur Natal mengalami penurunan dibanding tahun lalu. Sejak H-5 hingga hari H atau Kamis-Selasa (20-25/12/2018), Bandara Ahmad Yani Semarang baru menyerap sekirtar 88.498 penumpang atau lebih rendah sekitar 4% dibanding jumlah penumpang pada periode yang sama tahun lalu, yakni sekitar 91.829 jiwa.

Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Ahmad Danar Suryantono, membenarkan jika terjadi lonjakan penumpang saat libur Natal 2018. Fenomena itu hampir sama dengan yang terjadi pada tahun lalu. “Memang fluktuatif [jumlah penumpang di masa libur Natal]. H-5 turun, tetapi di H-4 dan H-3 naik. Sekarang hari H mulai naik lagi,” ujar Danar dalam keterangan resmi.

Meski mengalami kenaikan, pihak Bandara Ahmad Yani tak menampik jika ada tren penurunan jumlah pengguna moda transportasi udara di bandara yang mampu menampung 5 juta orang itu.

Penurunan jumlah penumpang itu salah satunya disebabkan beroperasinya tol Trans Jawa secara penuh yang menghubungkan Merak hingga Surabaya itu. Tol Trans Jawa baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (20/12/2018).

“Mengingat masa libur kali ini yang panjang, ada kemungkinan antusias masyarakat untuk berpergian dengan menggunakan kendaraan pribadi semakin meningkat. Apalagi saat ini tol Trans Jawa sudah terhubung dan bisa beroperasi secara penuh,” ujar Danar, Senin (26/12/2018) malam.

Naiknya penumpang saat libur Natal juga disertai peningkatan kargo atau muatan barang di Bandara Ahmad Yani. Pada hari H Natal, jumlah kargo di Bandara Ahmad Yani mencapai 43.163 kg atau naik sekitar 47% dari tahun lalu, sekitar 29.274 kg.

Kendati demikian, secara total mulai H-5 hingga hari H, jumlah kargo di Bandara Ahmad Yani juga mengalami penurunan. Dari 345.299 kg pada tahun 2017 turun sekitar 3% atau sekitar 333.725 kg.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya