SOLOPOS.COM - Ilustrasi tabung gas melon. (JIBI/Dok)

Sebanyak 39.431 pangkalan menjadi Pangkalan Siaga

Harianjogja.com, JOGJA-Selama masa satgas Natal dan Tahun baru 2018 nanti, seluruh pangkalan LPG di Jawa Tengah dan DIY yakni sebanyak 39.431 pangkalan menjadi Pangkalan Siaga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Manager Communication Pertamina Marketing Operation Region IV Andar Titi Lestari menjelaskan, Pangkalan Siaga yaitu pangkalan yang akan beroperasi hingga hari Minggu sejak H-10 sampai H+10 Tahun Baru. “Jadi, masyarakat tidak perlu resah, karena Pertamina selalu memastikan ketersediaan LPG 3kg terjaga sesuai kebutuhan di masyarakat,” tuturnya dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Kamis (14/12/2017).

Andar mengatakan, dukungan penuh dari masyarakat sangat diperlukan untuk mengawasi penggunaan LPG 3 kg untuk rakyat miskin dan para usaha mikro. Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM No 26 Tahun 2009 tentang penyediaan dan pendistribusian LPG.

“Apabila terdapat kecurangan di pangkalan dan agen mohon masyarakat dapat melaporkan kepada Disperindag setempat, dan layanan contact center pertamina 1-500-000,” ujar dia.

Baca juga : Tenang, Pertamina Tambah Lagi LPG 3 Kg Jelang Natal dan Tahun Baru

Sekadar informasi, kebijakan penerapan distribusi LPG 3 kg mengikuti Peraturan Menteri ESDM No 26 Tahun 2009 tentang Penyediaan dan Pendistribusian LPG. Pada pasal 18-20 tentang pendistribusian LPG dan pengguna LPG tertentu dalam hal ini adalah LPG 3 kg. “Di mana Pertamina hanya bertanggung jawab melakukan pengawasan sampai dengan pangkalan LPG 3 kg,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya