SOLOPOS.COM - Kapolda Jateng, Irjen Pol. Condro Kirono (tengah), saat dijumpai wartawan di sela Rakor Linsek Persiapan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 di Hotel Patra Jasa, Semarang, Selasa (19/12/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, musim liburnya berpotensi menghadirkan kemacetan lalu lintas di sejumlah wilayah di Jawa Tengah (Jateng).

Semarangpos.com, SEMARANG – Lalu lintas di sepanjang pintu keluar tol Brebes Timur, atau yang akrab populer dengan sebutan Brexit hingga Kota Tegal diprediksi akan mengalami kemacetan saat libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Guna mengantisipasi adanya penumpukan kendaraan itu, jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng) pun telah menyiapkan berbagai rekayasa lalu lintas,

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal itu disampaikan Kapolda Jateng, Irjen Pol. Condro Kirono, saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral (Linsek) Operasi Lilin Candi 2017 di Hotel Patra Jasa, Semarang, Selasa (19/12/2017). Kapolda menyebutkan kemacetan dikarenakan pada musim libur akhir tahun kali ini tol Brebes-Gringsing tidak bisa difungsionalkan seperti saat arus mudik Lebaran 2017 lalu.

“Tol Gringsing enggak bisa difungsionalkan lagi karena saat ini pembangunannya sedang dikebut agar siap untuk arus mudik tahun depan. Praktis, dengan tidak bisa difungsionalkan tol itu, kami memprediksi akan ada penumpukan kendaraan dari Brexit menuju Kota Tegal atau sebaliknya,” jelas Kapolda saat dijumpai wartawan di sela Rakor Linsek Operasi Lilin Candi 2017.

Guna mengantisipasi kemacetan itu, Polda Jateng pun telah menyiapkan sederet rekayasa lalu lintas, salah satunya dengan pola lalu lintas 3-1. Dengan pola itu, lajur kendaraan dari arah Brexit pun akan dibuat tiga jalur, sementara arus sebaliknya dibuat satu jalur.

“Rekayasa itu nanti sifatnya fleksibel, kalau kondisi yang terjadi sebaliknya [penumpukan kendaraan menuju Brexit] maka akan kami berlakukan 3-1 dari arah Tegal,” tutur Condro.

Selain mewaspadai penumpukan kendaraan di Brexit, Condro juga memprediksi kemacetan terjadi di lima  titik lain di Jateng. Keempat titik yang rawan macet saat libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 itu, yakni arus lalu lintas dari Kendal-Semarang, Semarang-Demak, ruas tol Tembalang, Boyolali-Salatiga-Semarang, dan wilayah Kartasura, tepatnya arah masuk pintu tol Solo-Kertosono.

“Perlu adanya koordinasi antara kapolres-kapolres di daerah untuk mengatasi kemacetan itu. Kunci kesuksesan Operasi Lilin Candi tak terlepas dari perencanaan yang detail dan sinergi antarpemangku kepentingan di daerah,” ujar Condro.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya