SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

JOGJA—Pada akhir tahun ini, penumpang kereta api (KA) diprediksikan mengalami kenaikan hingga 20%. Peningkatan penumpang dikarenakan adanya libur natal dan tahun baru.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Menurut Kepala Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) VI Jogja, Sri Winarto, kenaikan penumpang diprediksikan mencapai 15-20% dari hari biasa. “Kalau hari-hari biasa, jumlah penumpang mencapai 7.000 hingga 8.000 orang perhari. Ya kenaikannya bisa 20%,” jelasnya disela-sela peninjauan angkutan natal dan tahun baru di Balai Yasa Jogja, Kamis (6/12/2012).

Pada akhir tahun nanti, sambungnya, para penumpang tersebut akan dilayani oleh 17 KA reguler terdiri atas KA Eksekutif sebanyak 6 unit rangkaian, Bisnis sebanyak 3 rangkaian, KA campuran eksekutif dan bisnis sebanyak 3 rangkaian dan KA ekonomi sebanyak 3 rangkaian serta KA ekonomi AC sebanyak 2 rangkaian.

Karena diperkirakan penumpang KA naik, pihaknya akan mengoperasikan satu KA ekstra Argo Dwipangga Ekstra berkapasistas 400 penumpang. KA ekstra ini akan beroperasi mulai tanggal 21 Desember 2012 hingga 6 Januari 2013. “Kalau untuk KA ekonomi tidak ada penambahan,” kata Winarto.

Sementara, Assiten Manager SDM dan Umum, Balai Yasa Jogja, Sutarman, setiap bulan pihaknya memperbaiki 10 lokomotif. Untuk Desember ini, dari 10 lokomotif yang dikirim masih ada lima yang diperbaiki. “Dari lima ini, satu lokomotif sudah ujicoba dan satu masuk painting shop. Jadi hanya tinggal 3 lokomotif yang dikerjakan,” terangnya.

Ketiga lokomotif ini ditargetkan sudah selesai pada 20 Desember nanti karena pada 21 Desember sudah digunakan untuk angkutan natal. Kelima lokomotif ini milik Stasiun Purwokerto, Jatinegara, Bandung dan Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya