Kategori: Jatim

NATAL 2014 : Libur Panjang, Terminal Jember Sepi


Solopos.com/JIBI/Solopos/Newswire

Natal 2014 dan tahun baru 2015 dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk berlibur. Pantauan di Terminal Jember belum terjadi lonjakan arus penumpang.

Solopos.com, JEMBER--Jumlah penumpang di Terminal Tawangalun Kabupaten Jember, Jawa Timur, masih sepi dan terlihat normal selama liburan sekolah yang bertepatan dengan libur Natal dan Tahun Baru 2015.

"Tidak ada lonjakan yang signifikan pada momentum liburan akhir tahun ini dan situasi di terminal biasa-biasa saja," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Tawangalun Jember Samson Wahyu, Kamis (25/12/2014) sebagaimana dikutip dari Kantor Berita Antara.

Menurut dia, jumlah penumpang selama libur Natal hampir sama dengan libur akhir pekan yakni berkisar 200-250 penumpang per hari, sehingga pihaknya tidak ada persiapan khusus untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

"Sebagian besar warga cenderung memanfaatkan mobil sewaan dan mobil pribadi untuk bepergian ke luar kota karena tarif bus mengalami peningkatan sekitar 10 persen pascakenaikan harga BBM," paparnya.

Selain itu, kata dia, tarif tiket kereta api yang lebih murah dibandingkan bus menyebabkan banyak penumpang bus yang beralih ke moda kereta api.

"Kalau dibandingkan libur Natal dan Tahun Baru tahun lalu memang terlihat ada penurunan penumpang karena tahun lalu jumlah penumpang sekitar 300-250 penumpang per hari, namun jumlah tersebut masih tergolong normal," ungkapnya

Share
Dipublikasikan oleh
Rini Yustiningsih