SOLOPOS.COM - Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto (tengah), saat mengumumkan nama-nama pendaftar Pilkada 2020 di Kantor DPD PDIP Jateng, Semarang, Kamis (12/12/2019). (Semarangpos.com-Imam Yuda S,)

Solopos.com, SEMARANG – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) akan mengumumkan nama-nama pasangan calon (paslon) yang diusung pada Pilkada 2020 mulai pekan depan. Namun soal rekomendasi untuk Pilkada Solo, publik kemungkinan harus menunggu lebih lama.

Apakah rekomendasi DPP PDIP akan jatuh pada putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka atau Achmad Purnomo, jawabannya kemungkinan besar baru diumumkan pada Maret mendatang.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Hal itu disampaikan Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDIP, Bambang Wuryanto, saat menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PDIP Jateng di Kantor DPD PDIP Jateng, Kota Semarang, Sabtu (15/2/2020).

Cegah Longsor Hulu WGM Wonogiri, Jokowi Tanam Vertiver

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Bambang, rekomendasi dari Ketua Umum (Ketum) DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri, kepada pasangan yang diusung pada pilkada serentak 2020 akan diumumkan secara bertahap. Tahap pertama, PDIP akan mengumumkan ada paslon untuk 45 daerah di Indonesia yang menggelar pilkada.

Sementara itu, paslon untuk daerah lain akan diumumkan secara bertahap pada pekan pertama dan pekan terakhir Maret 2020.

“Jadi nanti H-6 [enam bulan] sebelum coblosan [23 September 2020], kita sudah klir. Seluruh rekomendasi sudah kita umumkan. Tinggal langkah selanjutnya kita persiapkan strategi pemenangannya,” jelas Bambang.

Kisah Mahasiswa Indonesia Hindari Virus Corona di Wuhan dengan Makan Chiki

Bambang tidak menjelaskan secara detail paslon di daerah mana saja yang akan diberi rekomendasi PDIP pada tahap pertama. Dia hanya menyebut tahap pertama, kemungkinan rekomendasi akan diberikan kepada paslon yang persiapannya menghadapi Pilkada 2020 sudah matang.

Persiapan matang dalam hal ini adalah daerah yang hanya diikuti satu calon kepala daerah dari PDIP, seperti Kota Semarang, Kabupaten Grobogan, dan Wonogiri. Di Kota Semarang dan Kabupaten Wonogiri, bakal calon kepala daerah dari PDIP masing-masing hanya ada satu.

Pesan Berantai Ada Pasien Virus Corona di RSUD Bekasi, Ini Klarifikasi Dinkes

“Bisa jadi nanti tahap pertama rekomendasi diberikan pada daerah yang paslonnya sudah berpeluang besar menang seperti Kota Semarang. Pastinya, dari sekian banyak daerah yang menggelar pilkada, Jateng ada yang diumumkan,” tuturnya.

Disinggung kapan rekomendasi calon yang diusung PDIP untuk Pilkada Solo 2020, Bambang enggan menyebutkan. Dia tidak mau mendahului kewenangan DPP PDIP dalam mengumumkan rekomendasi tersebut.

Tangani Pasien Corona 18 Hari Tanpa Henti, Dokter di China Meninggal

“Solo tahap satu atau kedua, nah ini lagi-lagi saya enggak bisa menyebutkan. Itu masih jadi rahasia DPP [PDIP]. Tapi, akhir Maret nanti semuanya sudah klir,” tegas Bambang Pacul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya