SOLOPOS.COM - Puluhan tenaga harian lepas di Bagian Umum Setda Sragen mengikuti asesmen di Aula Sukowati Setda Sragen, Senin (30/1/2023). (Istimewa/Bagian Umum Setda Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Sebanyak 3.919  tenaga harian lepas (THL) di berbagai dinas di Kabupaten Sragen harus menjalani tes asesmen. Hasil tes tersebut akan menentukan kontrak mereka akan diperpanjang atau tidak.

Selama ini THL dipekerjakan berdasarkan kontrak diperpanjang tiap tahun. Biasanya, perpanjangan kontrak dilakukan tanpa asesmen. Baru kali ini Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, menginstruksikan agar ada asesmen bagi para THL.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sragen, Kurniawan Sukowati, mengatakan assesmen THL ini dilaksanakan oleh masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD). BKPSDM tinggal menunggu hasilnya.

“Ada yang belum selesai dan ada yang sudah selesai. Hasilnya sekarang baru direkap. Jumlah total pegawai non-aparatur sipil negara (ASN) sekarang 3.919 orang. Ini data per Juni 2022. Sebenarnya pelaksanaan assesmen hanya 1-2 hari selesai tetapi pelaksanaanya tergantung OPD masing-masing,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Senin (30/1/2023).

Dia mengatakan assesmen itu dilakukan untuk meningkatkan kompetensi masing-masing THL. Assesmen ini bagian dari evaluasi dan menjadi kebijakan dari masing-masing kepala OPD untuk memperpanjang kontrak atau tidak.

Dari 3.919 THL, sebanyak 685 orang di antaranya mendaftar menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (PPPK). Sebanyak 352 THL mendaftar untuk mengisi lowongan di formasi pendidikan dan 333 orang di formasi kesehatan.

Sementara itu, Bagian Umum Setda Sragen memiliki 92 THL. Asesmen terhadap mereka dilakukan dengan memberikan 100 soal pilihan ganda dan lima soal esai.  “Seperti soal perekrutan CPNS standar SMA. Ada tes intelegensia umum, tes wawasan kebangsaan (TWK), dan tes karakteristik pribadi (TKP). Hasilnya nanti kami rangking. Untuk passing grade menyesuaikan,” kata Kabag Umum Setda Sragen Dwi Agus Prasetyo.

Sebanyak 84 orang THL di Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Sragen juga mengikuti assemen. Mereka terdiri atas tenaga kebersihan, tenaga keamanan, dan tenaga lainnya. Di Diskumindag, selain tes tertulis ada pula tes wawancara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya