SOLOPOS.COM - Nasi Punel Raksasa dengan beras 2 kuintal di Pasuruan. (detik.com)

Nasi punel Pasuruan kali ini berukuran raksasa. Memecahkan Museum Rekor Indonesia (MURI).

Madiunpos.com, PASURUAN – Sajian nasi punel sebesar 3,24 meter berhasil mencatatkan prestasi Museum Rekor Indonesia (MURI). Penyajian kuliner khas Pasuruan yang menghabiskan beras sebanyak dua kwintal tersebut tercatat sebagai yang terbesar yang pernah ada.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“MURI mencatat satu prestasi kuliner penyajian nasi punel terbesar dengan diameter 3,24 meter,” kata Manager MURI, Sri Widayati, saat hadir dalam pencatatan rekor yang dilakukan bersamaan dengan peresmian Saygon Water Park Desa Pucangsari Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan, Senin (8/6/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Menurutnya, catatan tersebut merupakan rekor yang ke-6.980 MURI. Rekor diberikan setelah pihaknya meneliti bahwa kuliner tersebut disajikan memenuhi syarat dan lengkap dengan 12 item lauk dan sayuran yang khas ada di nasil punel.

“Semuanya ada dari daging, ikan asin, gule, sambal kacang panjang dan lainnya,” terang Sri.

Dahlia Supardiono, penanggungjawab pembuatan sajian mengatakan nasi punel sudah dikenal di Pasuruan sejak 1940. Meski demikian, baru kali bisa mencatat rekor.

Menurut dia, gunungan nasi punel tersebut dibuat atas kerja sama dengan Persatuan Hotel dan Restaurant Indonesia dan Badan Promosi Pariwisata Kabupaten Pasuruan. Proses pembuatan sajian tersebut menghabiskan waktu 9 jam mulai pukul 19.00 WIB hingga 04.00 WIB pagi tadi.

“Delapan orang yang terlibat dalam tehnis pembuatan. Sajian ini cukup untuk 1.500 porsi,” kata Dahlia.

Hadir dalam pencatatan rekor dan peresmian tersebut, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf dan Roeslan selaku tuan rumah.

Usai diresmikan mendapat mencatat rekor, ratusan undangan dipersilahkan menikmati gunungan nasi punel tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya