SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/harian Jogja/dok)

Ilustrasi (JIBI/harian Jogja/dok)

JAKARTA—Sejumlah tokoh nasional mulai masuk radar Nasional Demokrat untuk diajukan sebagai Capres padas 2014. Nama Sri Sultan Hamengku Buwono X, Sri Mulyani, Mahfud MD dan Dahlan Iskan menempeati sederet nama yang masuk daftar pantauan.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

“Kita mendorong capres alternatif, belajar dari Jokowi-Ahok. Orang baru masuk Jakarta, ya sepanjang mampu bersaing saya kira tidak ada masalah,” kata Ketua Umum Partai NasDem Patrice Rio Capella, seperti dikutip detikcom, Selasa (16/10/2012).

Dahlan Iskan yang saat ini menjabat sebagai Menteri BUMN dinilai bergaya cukup santai seperti Jokowi. Sementara tokoh seperti Jusuf Kalla (JK), Mahfud MD, Sultan HB X, dan Sri Mulyani, dinilai cukup merakyat.

NasDem pun mulai melirik sejumlah tokoh yang berkarakter santai seperti Jokowi-Ahok. Tokoh-tokoh ini sekarang menjabat jabatan strategis namun belum sepenuhnya didorong untuk Pilpres 2014.

“Kita melihat siapa pun yang punya potensi untuk menyelesaikan persoalan anak bangsa. Kita lihat Dahlan Iskan boleh juga, JK juga diperhitungkan, Mahfud MD dan Sultan masuk radar, Sri Mulyani mungkin kita hitung juga,” kata Rio.

Meskipun demikian, Rio juga tidak menutup kemungkinan mengajukan Ketua Dewan Pakar Partai NasDem akan melaju ke Pilpres 2014. Pada prinsipnya NasDem masih terus melakukan pertimbangan-pertimbangan menyangkut Pilpres 2014. Yang pasti, menurut Rio, isu SARA sudah tidak menjadi pertimbangan utama. Yang dipertimbangkan masyarakat, menurut Rio, adalah pemimpin yang mempunyai potensi.

“Artinya trust yang diyakini rakyat bahwa dia bekerja untuk kepentingan rakyat. Trust itu yang paling penting. Ketika dia dianggap menjadi tokoh yang dapat diterima, sepanjang ada pola itu maka saya pikir rakyat akan menentukan pilihannya persis seperti Jokowi-Ahok,” tegas Rio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya