SOLOPOS.COM - NASA perlihatkan black holes. (Istimewa)

NASA memamerkan foto penampakan black holes yang menelan bintang luar angkasa.

Solopos.com, WASHINGTON – Astrono NASA dilaporkan telah merekam penampakan black holes yang menelan bintang luar angkasa. Bukan hanya itu, lubang hitam ini juga mengeluarkan api.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut NASA, saat lubang hitam menelan bintang, mereka merilis ledakan energi, dengan suara yang mengandung radiasi energi tinggi, termasuk ultraviolet dan cahaya X-ray.

Seperti diberitakan dari Huffingtonpost, Senin (19/9/2016), kini para astronom dapat mengamati flare untuk pertama kalinya dan dua studi meneliti galaksi bersendawa telah menghancurkan debu angkasa paling dekat dengan lubang hitam.

Aktivitas tersebut membuat astronom mampu mengukur radiasi panas dan debu terluar, dengan menggunakan data dari NASA yang disebut Wide-Field Infrared Survey Explorer (WISE).

NASA menyatakan, debu yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Bentuknya seperti shell yang memanjang dengan beberapa triliun mil dari lubang hitam, atau sekira setengah tahun cahaya jauhnya.

Dalam sebuah pemberitaan NASA yang ditulis oleh Sjoert van Velzen di Postdoctoral Fellow di Universitas Johns Hopkins, lubang hitam telah menghancurkan segala sesuatu antara dirinya dan shell debu.

“Lubang hitam seolah-olah telah membersihkan kamar yang dengan mengeluarkan api. Meneliti shell berdebu dapat memberikan para ilmuwan petunjuk tentang lubang hitam,” ujarnya.

Sementara Asronom NASA Jet Propulsion Laboratory, Varoujan Gorjian, menambahkan, “Penelitian kami ini menegaskan bahwa debu yang ada dapat menentukan berapa banyak energi yang dihasilkan dalam kehancuran bintang,” klaimnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya