SOLOPOS.COM - Penampakan "Tangan Tuhan" terekam kamera NASA. (Istimewa)

NASA memperlihatkan foto energi X-Ray berbentuk tangan.

Solopos.com, WASHINGTON – Badan antariksa Amerika Serikat (AS) menangkap formasi mengagumkan dari energi X-Ray yang membentuk tangan. Energi X-Ray tersebut terbentuk dari nebula angin bimasakti yang diproduksi oleh sisa-sisa ledakan bintang yang disebut PSR B1509-58.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Melansir laman Space, Selasa (22/8//2016), benda tersebut berputar per tujuh menit dan meniupkan partikel yang dikeluarkan selama pergolakan bintang.

Ekspedisi Mudik 2024

Sebagian dari partikel ini berinteraksi dengan medan magnet di dekatnya. Mereka menghasilkan cahaya X-Ray berbentuk tangan. Para ilmuwan sendiri tidak begitu yakin bahwa materi yang dikeluarkan tersebut benar-benar membentuk sebuah tangan.

“Kami tidak tahu apakah bentuk tangan itu merupakan sebuah ilusi optik. Dengan NuSTAR tangan terlihat lebih seperti tinjuan yang memberikan beberapa petunjuk,” kata Hongjun An dari Universitas McGill Montreal.

Astronom mempercayai bahwa awan merah yang tampak di ujung jari merupakan struktur terpisah yang disebut RCW 89. Sedangkan angin yang berasal dari bimasakti kemungkinan memanaskan awan dalam memproduksi energi X-Ray.

Energi X-ray terlihat oleh NuSTAR berada di kisaran 7-25 “kiloelectron” volt, atau keV, sedangkan energi terlihat berada di rentang chandra 0,5-2 keV.

Wujud ‘Tangan Tuhan’ merupakan contoh dari pareidolia yakni fenomena psikologikal dalam memahami bentuk yang familiar dari gambar acak atau samar. Contoh lainnya ialah disaat melihat hewan ataupun wajah di awan. Meskipun begitu, fenomena tangan Tuhan diproduksi oleh fenomena astrofisika alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya