Tutup Iklan
NASA Rilis Gambar Planet Saturnus dari Jarak Dekat
Gambar planet Saturnus dari jarak dekat. (Istimewa/freepressjournal)

Solopos.com, WASHINGTON - Astronom NASA mengambil gambar kondisi terkini planet Saturnus lewat teleskop Hubble dari jarak 1,35 kilometer. Teleskop itu menghabiskan waktu 30 tahun untuk merekam gambar-gambar di luar angkasa.

NASA Bakal Bikin Oksigen di Bulan, Bahannya Emas!

Saat ini, musim panas sedang terjadi di belahan utara Saturnus dan membuat bagian utara puncaknya miring ke arah Matahari. Tapi, itu bukan musim panas seperti yang dibayangkan di Bumi.

Planet gas raksasa ini mendapatkan sebagian besar panasnya dari interiornya, bukan dari Matahari, dengan suhu rata-rata minus 178 derajat Celcius.

Gambar yang dikirim Hubble tidak hanya mengagumkan, tetapi ini juga membantu para ilmuwan mempelajari detail baru tentang Saturnus. Misalnya, para ahli menemukan keberadaan kabut merah kecil di belahan utaranya.

Beberapa Planet Ini Disebut Mirip Bumi, Apa Bisa Dihuni Manusia?

NASA berpikir ini bisa jadi karena panas dari sinar Matahari yang mengubah sirkulasi atmosfer atau mengubah kabut fotokimia di planet tersebut. Berbeda dari kutub utaranya, bagian kutub selatan Saturnus memiliki rona agak biru.

"Sungguh menakjubkan bahwa bahkan selama beberapa tahun, kami melihat perubahan musiman pada Saturnus," kata Amy Simon. Amy adalah ilmuwan planet dari Goddard Space Flight Centre NASA seperti dikutip dari Science Alert, Senin (27/7/2020).

Gambar Planet Saturnus

Dalam gambar terbaru tersebut, para ilmuwan juga dapat melihat dua dari 82 bulan Saturnus. Bulan itu adalah Mimas yang berupa titik kecil di sebelah kanan gambar dan Enceladus. Bentuknya titik sedikit lebih besar di bagian bawah gambar.

Roket Starship Milik SpaceX Bakal Mengorbit ke Planet Mars, Begini Penampakannya

Hubble telah melakukan lebih dari 1,3 juta pengamatan sejak 1990 ketika pertama kali diluncurkan dan sebagian besar dari gambar yang diabadikannya mencakup galaksi, nebula, atau bintang yang jauh. Tetapi, terkadang teleskop itu juga mengambil gambar planet yang dekat dengan Bumi.

Pengambilan gambar Saturnus dilakukan setiap tahun sebagai bagian dari Outer Planet Atmospheres Legacy (OPAL) dengan masing-masing hasil foto yang tampak sedikit berbeda.

Potret close-up ini membantu para ilmuwan mengawasi tata surya tanpa meluncurkan misi berbiaya mahal lainnya dan jangka panjang untuk masing-masing planet.

Teleskop NASA Temukan 2 Planet Baru

Meski begitu, beberapa misteri membutuhkan wahana antariksa khusus yang lebih memadai dan berfokus pada satu misi, seperti bagaimana cincin saturnus terbentuk.

Sumber: Suara.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho