NARKOBA WONOGIRI : Pesta Sabu di Losmen, 2 Warga Sukoharjo dan 1 Wong Solo Ditangkap

NARKOBA WONOGIRI : Pesta Sabu di Losmen, 2 Warga Sukoharjo dan 1 Wong Solo Ditangkap

SOLOPOS.COM - Kapolres Wonogiri, AKBP Windro Akbar Panggabean (kanan) dan Kasat Narkoba Polres Wonogiri, AKP Wilud Argintowo (kiri, membelakangi lensa) menanyakan tersangka sabu di Mapolres Wonogiri, Rabu (27/5/2015). (Trianto HS/JIBI/Solopos)

Narkoba Wonogiri terus dikosek Polres. Pesta sabu-sabu di sebuah losmen berujung pada ditangkapnya tiga orang.

Solopos.com, WONOGIRI -- Anggota reskrim satuan narkotika Polres Wonogiri menangkap tiga tersangka yang diduga menggunakan narkotika jenis sabu di Wonogiri.

Tiga tersangka beralamat dan bertempat tinggal di luar Wonogiri namun sering datang ke Wonogiri untuk menikmati sabu. Mereka menyewa losmen untuk menikmati sabu-sabu itu.

Ketiganya ditangkap secara terpisah. Yakni dua tersangka warga Kabupaten Sukoharjo terdiri atas Heni Saputro, 33, warga Kecamatan Gatak Sukoharjo dan Marga Supriyadi, 34, warga Kecamatan Kartasura Sukoharjo serta Winarno, 48, warga Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan, Solo.

Penegasan itu disampaikan Kapolres Wonogiri, AKBP Windro Akbar Panggabean didampingi Kasat Narkoba Polres Wonogiri, AKP Wilud Argintowo dan Kasubbag Humas Polres Wonogiri, AKP Kukuh Wiyono, Rabu (27/5/2015) di Mapolres Wonogiri usai acara gelar pasukan Operasi Patuh 2015.

“Ketiga tersangka sudah ditahan. Penyidik juga mengamankan barang bukti dari para tersangka. Hasil pemeriksaan sementara dari pernyidik diketahui bahwa ketiga tersangka memiliki jaringan penyalahgunaan narkotika golongan satu,” ujar Kapolres.

Diceritakan oleh Kapolres, penangkapan ketiga tersangka hasil kerja sama antara masyarakat dengan petugas. Menurutnya, petugas mendapatkan informasi dari warga bahwa ketiga sering menyewa losmen dan menikmati sabu-sabu di Wonogiri.

“Anggota satuan tugas (Satgas) Narkoba dibawah pimpinan Kasat Narkoba melakukan penyamaran dan pengintaian setelah mendapatkan informasi dari warga,” ujarnya.

Barang Bukti

Ditambahkan oleh Kasat Narkoba, AKP Wilud, anggota Satgas Narkoba melakukan penggerebekan ke salah satu losmen di Kecamatan Wonogiri Kota. Hasilnya, di kamar nomor 102, petugas menangkap seorang tersangka bernama Marga. Dari tangan Marga, jelasnya, polisi menyita barang bukti berupa satu paket sabu, satu butir pil berkode mf, ponsel, kelengkapan bong dan empat buah pipet kaca.

“Penambahan dua tersangka hasil pengembangan polisi setelah memeriksa tersangka Marga. Tersangka Marga mengaku mendapatkan paket sabu dari Winarno. Agar tidak kehilangan sasaran, tersangka Marga dikeler untuk menunjukkan lokasi persembunyian Winarno,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, dari tersangka Winarno polisi menangkap tersangka terakhir bernama Heni. “Di pemeriksaan, tersangka Winarno mengaku mendapatkan sabu dari Heni. Tersangka Winarno ditangkap di depan Pasar Jongke Solo sedangkan tersangka Heni ditangkap di tempat lain. Tersangka Marga akan dijerat dengan pasal 112 ayat (1) UU Nomor: 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman 12 tahun penjara.

Tersangka Marga mengelak barang bukti yang diamankan polisi miliknya. Dia bercerita, saat penggerebekan teman-temannya melarikan diri.

“Barang (sabu) itu bukan milik saya tetapi milik teman-teman yang melarikan diri. Mereka semua lari sehingga tinggal saya di dalam kamar losmen,” jelas Marga, seorang residivis kasus serupa dengan menjalani hukuman penjara satu tahun.

Sedangkan tersangka Winarno dan Heni dijerat pasal 114 ayat (1) UU Nomor 35 Tahun 2009, dengan ancaman hukumannya 20 tahun penjara. 

Berita Terkait

Berita Terkini

Pesan Berantai di WA Soal Ledakan Kasus Covid-19 Klaten, Polisi Tegaskan Itu Hoaks!

Pesan berantai itu menyebutkan kasus Covid-19 di Jateng meledak pekan ini. Kota Klaten menempati peringkat I, yakni mencapai 11.876 orang pasien Covid-19.

Berkerumun dan Tak Bermasker di Umbul Ponggok, Emak-Emak Disambangi Polisi

Sejumlah warga yang berkerumun dan tak bermasker di objek wisata Umbul Ponggok, Klaten, mendapat peringatan dari Kepala Satuan Samapta Bhayangkara (Kasatsabhara) Polres Klaten, AKP Sri Anggono.

Lebaran 2021, Jumlah Kunjungan Wisata ke Tawangmangu Meroket

Jumlah kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata di wilayah Tawangmangu, Karanganyar meroket di libur Lebaran 2021 Jumat (14/5/2021).

Lewat Pos Penyekatan Karanganyar, 15 Wisatawan Luar Jateng Diminta Putar Balik

Sebanyak 15 pemudik dari luar Jateng yang melintas di pos penyekatan di Karanganyar diminta putar balik.

Libur Lebaran, Wisata Grojogan Sewu Karanganyar Diserbu Pengunjung

Jumlah kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata di wilayah Tawangmangu, Karanganyar, termasuk Grojogan Sewu, meroket di momen libur Lebaran, Jumat (14/5/2021).

MotoGP Batalkan Seri Finlandia Gegara Covid-19

FIM, IRTA, dan Dorna Sports membatalkan Grand Prix MotoGP Finlandia tahun ini akibat masih berlangsungnya pandemi Covid-19

Singapura Lockdown, Restoran Hanya Terima Take Away

Pemerintah Singapura mengumumkan lockdown pada pertemuan sosial dan kegiatan publik pada Jumat (14/5/2021).

Pekalongan Diprediksi Tenggelam 15 Tahun Lagi, Ini Sebabnya

Kota Pekalongan di Jawa Tengah diprediksi tenggelam pada 2036 akibat penurunan muka tanah dan naiknya permukaan air laut.

Wisata WGM Wonogiri Tutup, Pengunjung Kecele

Banyak warga yang kecele saat berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Wonogiri, termasuk WGM, pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021).

Duh, Pengemis Bawa Kabur Balita Usia 2 Tahun di Sragen

Seorang pengemis perempuan kedapatan membawa kabur seorang balita yang berusia 2 tahun asal Kelurahan Sragen Kulon, Sragen, pada Jumat (14/5/2021). 

Begini Kisah Seleksi Jadi Imam di Uni Emirat Arab

Kemenag melakukan seleksi imam masjid asal Indonesia yang akan diberangkatkan untuk bertugas di wilayah Uni Emirat Arab (UEA).