Tutup Iklan

NARKOBA SRAGEN: Simpan 9.820 Butir Pil Koplo, Pemuda Mojorejo Karangmalang Diciduk

NARKOBA SRAGEN: Simpan 9.820 Butir Pil Koplo, Pemuda Mojorejo Karangmalang Diciduk

SOLOPOS.COM - Ribuan butir pil koplo merek Tramadol digelar di ruang Satresnarkoba Polres Sragen, Selasa (27/3/2018). (Istimewa/Subbag Humas Polres Sragen)

Pemuda Mojorejo Karangmalang diciduk karena simpan pil koplo.

Solopos.com, SRAGEN—Tim Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Sragen berhasil mengungkap jaringan peredaran pil koplo di kalangan pelajar, Senin (26/3/2018) malam. Satresnarkoba membekuk seorang pemuda yang diduga sebagai pengedar pil koplo beserta barang bukti pil merek Tramadol sebanyak 9.820 butir.

Ungkap kasus tersebut disampaikan Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman melalui Kasatresnarkoba Polres Sragen AKP Joko Satriyo Utomo saat dihubungi Solopos.com, Rabu (28/3/2018). (baca juga: NARKOBA SRAGEN: Duh, Pemuda Sragen Diciduk Gara-Gara Pil Koplo)

Joko menjelaskan pemuda yang dibekuk tim Satresnarkoba itu diketahui bernama Prisyanto alias Kempros, 27, warga Mojorejo, Karangmalang, Sragen. Kempros ditangkap polisi pada Senin pukul 23.30 WIB.

“Penangkapan tersangka itu berawal adanya informasi transaksi obat-obatan dalam jumlah yang cukup besar di Dukuh Plempeng, Desa Mojorejo. Setelah penyelidikan, kami langsung menangkap tersangka dan dilanjutkan dengan penggeledahan isi rumah. Hasil penggeledahan ditemukan barang bukti pil merk Tramadol yang disimpan dalam tas rangsel warna hitam,” ujar Joko.

Joko menjelaskan pil-pil yang jumlahnya ribuan butir itu sudah dipisah-pisah dalam paket tertentu. Ada yang paket kecil dan ada yang paket besar. Dia mengungkapkan dari pengakuan tersangka pil-pil itu baru dibeli dari seseorang dan hendak diperdagangkan lagi.

“Pil-pil itu diperdagangkan dengan sasaran pelajar atau pemuda pada umumnya. Kami menjerat tersangka dengan Pasal 196 juncto Pasal 197 UU No. 36/2009 tentang Kesehatan,” ujarnya.

Berdasarkan Pasal  196 UU No. 36/2009, setiap orang yang dengan sengaja memproduksi atau mengedarkan sediaan farmasi dan atau alat kesehatan yang tidak memenuhi standar dan atau persyaratan keamanan, khasiat atau kemanfaatan, dan mutu sebagaimana dimaksud pada Pasal 98 ayat (2) dan (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp1 miliar.

Sementara pada Pasal 197 menjelaskan setiap orang yang dengan sengaja memproduksi atau mengedarkan sediaan farmasi dan atau alat kesehatan yang tidak memiliki izin edar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana paling lama 15 tahun penjara dan denda paling banyak Rp1,5 miliar.

“Kami sudah meminta keterangan dua orang saksi atas indikasi peredaran pil Tramadol yang diduga tanpa izin edar tersebut. Kami juga masih mengembangkan kasus tersebut untuk mengungkap jaringan pengedar atau pemasok pil koplo,” ujar Joko.

Berita Terkait

Berita Terkini

Barcelona Juara Liga Champions Wanita Seusai Hancurkan Chelsea 4 Gol Tanpa Balas

Barcelona tampil cemerlang saat mengalahkan Chelsea 4-0 untuk memenangkan trofi Liga Champions Wanita pertama mereka dalam sejarah klub pada Senin (17/5/2021) dini hari WIB.

Solopos Hari Ini: Fatal di Tengah Wabah

Koran Solopos Hari Ini edisi Senin (17/5/2021) mengulas tentang fatal di tengah wabah terkait musibah perahu terbalik di Kedungombo, Boyolali.

Uji Coba PTM Tahap III Jenjang SMA/SMK di Wonogiri Masih Tanda Tanya

Setelah tahap II selesai, belum ada keputusan kapan uji coba pembelajaran tatap muka atau PTM tahap III SMA/SMK di Wonogiri bakal dimulai.

Ditemukan, Jasad Anak Balita 1,5 Tahun Korban Perahu Terbalik Kedungombo Boyolali

Petugas gabungan di Kedungombo, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali, kembali menemukan satu korban terbaliknya perahu di lokasi tersebut.

20 Warga Sekampung di Sumber Solo Positif Covid-19, 1 Orang Dirawat di RS

Satu dari 20 warga sekampung di wilayah Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, yang positif Covid-19 dirawat di rumah sakit karena bergejala.

AC Milan Gagal Kunci Tiket Liga Champions Seusai Diimbangi Cagliari

Cagliari menggagalkan upaya AC Milan mengunci tiket Liga Champion seusai menahan lawannya itu dengan skor 0-0 dalam laga pekan ke-36 Liga Italia.

Belajar Dari Kasus WKO, Perahu Wisata Rawa Jombor Klaten Dilarang Angkut Penumpang Lebihi Kapasitas!

Pengelola perahu wisata di Rawa Jombor, Klaten, diminta tidak mengangkut penumpang melebihi kapasitas.

Tundukkan Bilbao, Real Madrid Tetap Berjuang hingga Pekan Terakhir

Real Madrid menang 1-0 di kandang Athletic Bilbao di San Mames, Minggu (16/5/2021) malam waktu setempat. Namun Real Madrid harus tetap berjuang hingga pekan terakhir kompetisi

2 Korban Perahu Terbalik Kedungombo Belum Ketemu, Pencarian Lanjut Pakai Drone Bawah Air

Dua korban perahu terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, yang belum ketemu akan dicari pakai drone robotic underwater atau drone bawah air.

Indonesia, Malaysia, dan Brunei Kutuk Agresi Israel ke Palestina

Keterangan tertulis pernyataan bersama tiga negara itu diunggah oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui akun twitternya, Minggu (16/5/2021).

Ini Foto-Foto Pengeboman Gedung Al Jazeera oleh Israel...

Gedung media massa internasional, Al-Jalaa, tempat Associated Press atau AP dan Al Jazeera berkantor di Gaza, Palestina dibombardir Israel.

Lalu Lintas ke Jakarta Sepi, Puncak Arus Balik Lebaran Tak Terlihat

Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Istiono, mengatakan arus balik belum tampak karena kendaraan masuk ke Jakarta 21.000, padahal biasanya di atas 60.000.