Tutup Iklan

NARKOBA SOLO : Rutan Solo Gencar Merazia Kamar Napi, Ini Alasannya

NARKOBA SOLO : Rutan Solo Gencar Merazia Kamar Napi, Ini Alasannya

SOLOPOS.COM - Ilustrasi besuk pasien di Rutan Kelas IA Solo. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Peredaran narkoba dari balik tahanan berusaha ditepis oleh petugas Rutan Solo.

Solopos.com, SOLO -- Petugas Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1A Solo gencar melakukan razia di dalam kamar tahanan narapidana (napi). Hal tersebut untuk mengantisipasi peredaran narkotika di dalam penjara.

Kepala Pengamanan Rutan (KPR), Urip Dharma Yoga, mengatakan pihak keamanan Rutan Solo sering melakukan razia di dalam penjara.

"Keberadaan rutan selama ini rawan dijadikan tempat peredaran narkotika. Kami tidak ingin kecolongan sehingga gencar melakukan razia di dalam kamar tahanan," ujar Urip kepada wartawan di Rutan Solo, Rabu (25/10/2017).

Urip menambahkan napi biasanya berusaha menyelundupkan ponsel ke dalam penjara untuk berkomunikasi dengan pihak dari luar. Selama razia pihaknya tidak menemukan ponsel di dalam penjara. Kasus temuan ponsel di dalam penjara pernah terjadi pada tahun lalu dan langsung dimusnahkan petugas.

“Kami sering menemukan benda-benda berbaya yang sering disimpan napi. Benda berbahaya tersebut seperti korek api, pisau cukur, dan sikat gigi yang ujungnya diruncingkan,” kata dia.

Ia menjelaskan benda-benda tersebut kerap diselundupkan napi melalui keluarga napi saat membesuk ke rutan. Rutan Solo pun memperketat pintu masuk dan keluar penjara. Selain itu, semua barang milik pengunjung digeledah sebelum masuk ke rutan.

Kepala Bidang (Kabid) Pemberantasan Narkotika AKBP Suprinarto, mewakili Kepala BNNP Jateng, Brigjen Pol Tri Agus Heru Prasetyo, mengatakan Rutan Solo masuk kategori rutan yang relatif aman dari peredaran narkotika yang dikendalikan napi.

Solo meskipun kasus narkobanya peringkat pertama di Jateng, tidak ada temuan kasus napi di Rutan Solo terlibat kasus narkotika.

“Kami apresiasi langkah petugas keamanan Rutan Solo dengan gencar melakukan razia di dalam kamar napi. Razia tersebut terbukti efektif untuk mencegah adanya napi mengendalikan narkoba di dalam penjara,” kata dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Waspada! 35 Persen Pasien Covid-19 Meninggal Dunia Di Klaten Tak Punya Komorbid

Sebanyak 35% dari total jumlah pasien positif Covid-19 Kabupaten Klaten yang meninggal diketahui tidak memiliki komorbid.

Heboh Ivermectin untuk Pengobatan Covid-19, Bagaimana Faktanya?

Menanggapi kabar itu, Badan POM menjelaskan penggunaan Ivermectin untuk pengobatan Covid-19.

Perusakan Makam di Solo Dilakukan Anak-Anak, Pemerhati Anak: Ini Tanggung Jawab Bersama!

Pemerhati Anak, Ketua Sahabat Kapas, Dian Sasmita, menanggapi perusakan makam yang dilakukan oleh sepuluh anak-anak di Mojo, Pasar Kliwon, Solo.

BPCB Jateng Tutup Candi Ceto dan Sukuh Karanganyar, Ada Apa Ya?

BPCB Jateng menutup objek wisata Candi Sukuh, Candi Ceto, dan Museum Sangiran Klaster Dayu, Karanganyar, mulai 22 Juni hingga 2 Juli.

Habis Kunker, Puluhan Anggota DPRD Bantul Jalani Swab PCR

Anggota Dewan menjalani swab PCR karena Ketua DPRD Bantul dan salah satu anggota Komisi B dinyatakan positif Covid-19 seusai kunker.

Mangkrak 1 Tahun, Begini Kondisi SDN 2 Kragilan Sragen yang Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Bangunan SDN 2 Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, sudah tidak terpakai sejak setahun terakhir akan digunakan untuk tempat isolasi.

Terlambat Naik, Penjala Ikan di Banjarnegara Ini Terjebak di Tengah Sungai

Seorang penjala ikan di sungai serayu, Desa Bandingan, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara yang terjebak di tengah arus aliran deras sungai.

Euro 2020 Malam Ini: Cheska Vs Inggris dan Kroasia Vs Skotlandia

Inggris dan Rep Cheska sudah pernah bertemu sebanyak empat kali sejak 1998. Hasilnya, Inggris mampu menyabet dua kemenangan, Republik Cheska satu kali menang, sementara sisanya berakhir imbang.

Sepeda Anti Jatuh dari Tiongkok, Tetap Seimbang Saat Berhenti

Seorang Vlogger asal Beijing, Tiongkok menunjukkan sebuah sepeda otonom yang mampu tetap seimbang tanpa jatuh saat dalam keadaan berhenti.

Hipertensi Komorbid Penyebab Kematian Terbanyak Pasien Covid-19

Selain menjadi komorbid penyebab kematian terbanyak pasien Covid-19, hipertensi dikenal juga sebagai silent killer.

Marak Bangunan Liar di Tepi Jalan Solo-Purwodadi, Ini Sebabnya!

Jumlah bangunan liar di tepi jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di saluran irigasi Kedung Kancil di wilayah Doyong dan Soko, Kecamatan Miri, Sragen, terus bertambah.

Lokasi Pendidikan Anak-Anak Perusak Makam Mojo Solo Tak Berizin, Kemenag Jateng: Bubarkan!

Kemenag memastikan tempat pendidikan anak-anak pelaku perusak makam di Mojo, Pasar Kliwon, Solo, tidak berizin dan harus dibubarkan.