SOLOPOS.COM - Ilustrasi aksi antinarkoba (JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, SRAGEN – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah mensinyalir keberadaan kampung narkoba di wilayah Solo. Hal itu berdasarkan informasi dari aparat Polresta Solo.

Pernyataan itu disampaikan Kepala BNN Provinsi Jateng, Kombespol Soetarmono, saat ditemui wartawan seusai sosialisasi Pencegahan Pemberantasan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) bagi Guru BK SMP/SMA se-Sragen, di Aula Sukowati Setda Sragen, Senin (25/8/201.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia menjelaskan di kampung tersebut banyak terdapat pengguna serta pengedar narkoba. “Ada informasi dari Polresta Solo. Jadi, satu kampung para pengedar dan pengguna berkumpul. Seperti di Kampung Ambon,” jelas dia.

Ekspedisi Mudik 2024

Soetarmono menegaskan saat ini pihaknya masih mendalami informasi tersebut. “Saat ini masih kami dalam. Untuk sudah berapa lama ada, masih kami dalami,” terang dia.

Pada bagian lain, Soetarmono menjelaskan angka pengguna narkoba di Jateng periode 2008-2011 menurun. Disampaikannya, pengguna narkoba di Jateng pada 2008 tercatat sebanyak 493.533 jiwa atau 2,11% dari total jumlah penduduk saat ini.

Angka itu menurun berdasarkan survei yang dilakukan BNN yang mencatat angka pengguna narkoba di Jateng pada 2011 sekitar 444.157 jiwa atau sekitar 1,9% dari jumlah penduduk. Pihaknya berharap penurunan tersebut terus terjadi setiap tahunnya.

“Untuk terakhir saya belum meminta data ke BNN seperti apa,” ungkapnya.

Secara nasional, jelas dia, pengguna narkoba didominasi para pekerja sekitar 70%. Sementara, untuk pengguna narkoba dari kalangan pelajar dan mahasiswa sekitar 22%.

“Kontribusi terbanyak penyalahguna narkoba berada di pekerja. Karena secara finansial mereka sudah punya uang untuk membeli narkoba, bisa disebabkan tekanan pekerjaan, menggunakan narkoba untuk doping atau bisa menggunakan narkoba sejak sekolah,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya