SOLOPOS.COM - Ilustrasi obat (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Narkoba Sleman membutuhkan kerja sama banyak pihak untuk dicegah peredarannya.

Harianjogja.com, SLEMAN-Apoteker memiliki peran besar mencegah peredaran obat-obatan terlarang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dekan Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Subagus Wahyuono mengatakan pekerjaan sebagai apoteker berurusan dengan masalah obat-obatan. Apalagi saat ini tengah gencar diberitakan di media massa bagaimana peredaran narkoba yang sudah menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Bahkan baru-baru ini seorang Bupati ditangkap saat tengah mengkonsumsi narkoba.

Seorang apoteker, kata Subagus, memiliki akses pada bahan obat-obatan yang potensial bisa disalahgunakan untuk narkoba. Apoteker  harus mampu mencegah jangan sampai obat-obatan tersebut disalahgunakan untuk kepentingan yang melanggar hukum.

“Obat terlarang itu berada di genggaman dan jangkauan kita sebagai apoteker, kita punya tanggungjawab, jangan sampai masuk (terlibat), menjaga dan bertindak sesuai dengan sumpah kita,” katanya dalam pelatikan apoteker yang berlangsung di gedung University Club UGM, Rabu (23/3/2016) seperti dikutip dari rilis yang Harianjogja.com, terima.

Menurut dia, narkoba dapat menimpa siapa saja yang memiliki kesempatan. Adapun apoteker yang memiliki sumpah, bahkan memiliki iman dan moral harus mampu mencegah.

Pada periode ini, Fakultas Farmasi UGM melantik 39 apoteker baru. Pelantikan apoteker ini ditandai dengan pemberian ijazah apoteker oleh Dekan Farmasi, disaksikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Hilda Ismail, Ketua Pengelola Program Profesi Apoteker Marchaban dan pengurus cabang Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) DIY.

Subagus Wahyuono dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para apoteker yang baru dilantik. Menurutnya lima tahun bagi apoteker menempuh pendidikan di farmasi UGM bisa menjadi bekal untuk  mengaplikasikan ilmunya di masyarakat serta siap mengabdikan diri kepada negara.

“Saya mengharapkan anda menjadi apoteker yang tangguh setelah digembleng secara akademik di sini dan berbaur secara sosial kemasyarakatan di masyarakat,” kata Subagus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya