NARKOBA SEMARANG : Edarkan Sabu-Sabu Laksana Permen di Lereng Merbabu, Eko Diciduk BNN

NARKOBA SEMARANG : Edarkan Sabu-Sabu Laksana Permen di Lereng Merbabu, Eko Diciduk BNN

SOLOPOS.COM - Eko Riyanto alias John, 28, pengedar 4 kg sabu-sabu dari Kopeng, Kabupaten Semarang, Jateng. (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Narkoba, peredarannya di objek wisata Kopeng, Kabupaten Semarang, terungkap.

Solopos.com, SEMARANG — Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) membongkar jaringan peredaran narkoba jenis sabu-sabu di lereng Gunung Merbabu, Kopeng, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Sabu-sabu seberat 1,1 kg dan seorang tersangka, Eko Riyanto, 28, berhasil diamankan petugas BNN Jateng.

Kepala BNN Jateng, Brigjen Pol. Tri Agus Heru, menyebutkan tersangka diamankan petugas saat berada di rumah kos di Taman Wisata Kopeng, Dukuh Sleker RT 005/RW 003, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jumat (2/2/2018). "Di tempat tersangka, kami menemukan sabu-sabu seberat 1 kg yang dikemas dengan bungkus teh asal China. Selain itu, ada juga sabu-sabu yang dikemas dalam beberapa paket lain," ujar Tri Agus saat sesi jumpa pers di Kantor BNN Jateng, Jl. Madukoro, Kota Semarang, Selasa (6/2/2018).

Tri Agus menyebutkan pelaku cukup pintar dalam mengedarkan sabu-sabu itu. Untuk mengelabuhi petugas, ia bahkan mengemas paket sabu-sabu dengan bungkus permen merek Blaster.

Paket sabu-sabu yang dibungkus dengan permen merek Blaster itu ditemukan petugas dengan jumlah 19 buah dengan berat masing-masing satu gram. Selain itu, petugas BNN Jateng juga menemukan tiga paket sabu-sabu dengan berat masing-masing lima gram, 54 paket sabu-sabu yang masing beratnya satu gram, dan sembilan paket dengan berat masing-masing 0,5 gram.

"Dari hasil penyelidikan, sabu-sabu ini diedarkan di sejumlah wilayah di lereng Gunung Merbabu, seperti Klreo, Tingkir, Tengaran, Getasan, dan Bawen. Jadi sasaran pengedar sudah merambah ke desa-desa," tutur Tri Agus.

Kepala BNN Jateng menambahkan tersangka sebenarnya memiliki sabu-sabu dengan jumlah total mencapai 4 kg. Namun, narkoba yang mengandung amphetamin itu sekita 2,9 kg sudah diedarkan.

"Dia mendapat narkoba dari seseorang yang bernama Jiun, yang kini menjalani hukuman di LP Grasia, Jogja. Tapi, tersangka ini mengambil barangnya di Semarang," imbuh Tri Agus.

Sementara itu, tersangka Eko mengaku mendapat upah Rp10 juta dari setiap 1 kg sabu-sabu yang diedarkan. "Saya enggak tahu total berat narkobanya. Hanya dikasih tahu kalau berhasil menjual semuanya dapat upah Rp10 juta/kg," tutur Eko.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

2.035 Kendaraan Berpelat Luar Daerah Diperiksa di Perbatasan Prambanan

Tim gabungan telah memeriksa 2.035 kendaraan dari berbagai jenis menjelang Lebaran 2021.

Motor Sport Kecelakaan di Jl. Slamet Riyadi Solo, 1 ABG Luka Parah

Kecelakaan lalu lintas melibatkan 2 sepeda motor dan 1 mobil terjadi di Jl. Slamet Riyadi di timur Simpang Ngarsopuro, pada Selasa (11/5/2021) malam.

Batik Qur'an di Kota Solo yang Bikin Takjub Santri Maroko

Batik Qur'an di Laweyan, Kota Solo yang Bikin Takjub Santri Maroko

Pasar, Pusat Kuliner, Hingga Sangiran Sragen Tetap Buka Saat Libur Lebaran

Sejumlah fasilitas umum dan pelayanan publik seperti pasar, tempat wisata dan Dispendukcapil Sragen tetap buka selama libur Lebaran.

Penanganan Covid-19 Jelang, Selama dan Setelah Libur Idul Fitri

Secara umum, tingkat kasus aktif Covid-19 dan kesembuhan di Indonesia masih lebih baik daripada global.

4 Orang Positif Tes Antigen, Mal Di Solo Boleh Tetap Buka

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo membolehkan mal dan pusat perbelanjaan tetap buka kendati ada empat orang yang positif tes antigen.

Di Usia 75 Tahun, Vespa Hadirkan 7 Warna Baru Penuh Gaya

7 warna baru yang menawan khusus untuk jajaran Vespa Primavera dan Vespa Sprint.

Tak Gelar Open House, Apa Agenda Wali Kota Solo Gibran dan Keluarga Saat Lebaran?

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan tidak akan menggelar open house baik di rumah dinas maupun balai kota pada Lebaran ini.

Ayo Kurangi Mobilitas, Demi Mencegah Persebaran Mutasi Virus Corona

Masuknya varian Covid-19 dari luar negeri telah menyebar di sejumlah daerah di Indonesia. Masyarakat pun diimbau untuk mengurangi mobilitas demi mencegah persebaran mutasi virus corona.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Rabu 12 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Rabu, 12 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

MUI Perbolehkan Salat Id Digelar Berjemaah, Begini Ketentuannya

Pelaksanaan salat Id hanya diperuntukkan untuk wilayah dengan status zona hijau.

Bawa Mobil Karatan, Wanita Cantik Ini Bagi-Bagi Duit & Sembako Di Solo

Seorang wanita cantik membagi-bagikan sembako dengan berkeliling menggunakan mobil pikap karatan di wilayah Kota Solo.