Tutup Iklan

NARKOBA SEMARANG : Begini Sabu-Sabu Diselundupkan ke LP Kedungpane

NARKOBA SEMARANG : Begini Sabu-Sabu Diselundupkan ke LP Kedungpane

SOLOPOS.COM - Ilustrasi sel penjara (JIBI/Solopos/Dok.)

Narkoba jenis sabu-sabu leluasa beredar di LP Kedungpane, Semarang, dalangnya warga binaan yang dibantu salah seorang sipir.

Solopos.com, SEMARANG – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Brigjen Pol. Tri Agus Heru Prasetyo, membeberkan awal mula terungkapnya kasus peredaran narkoba di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kedungpane, Semarang, yang melibatkan salah seorang sipir penjara itu, Dwi Ariyanto.

Seperti diberitakan Semarangpos.com, pada Jumat (21/10/2016) aparat BNN Provinsi Jateng berhasil menangkap sipir LP Kedungpane Semarang bersama seorang warga binaan serta seorang kurir. Bersama ketiganya, petugas berhasil merampas barang bukti narkoba jenis sabu-sabu beserta pesawat telepon seluler.

Awal mula terbongkarnya kasus ini tak terlepas dari kecurigaan aparat BNN Provinsi Jateng terhadap kiriman makanan yang diperuntukan bagi salah seorang warga binaan bernama Catur. Setelah diperiksa makanan berupa bubur sumsum itu di dalamnya terdapat sabu-sabu. Aparat BNN Provinsi Jateng pun menangkap kurir yang membawa makanan dari luar itu, yakni Gendon.

Setelah dilakukan penyelidikan terungkaplah bahwa makanan itu diantar untuk Catur dan dititipkan lewat Dwi Ariyanto. “Ketiganya saat ini masih kami amankan untuk proses penyelidikan lebih lanjut,” terang Brigjen Pol. Tri Agus saat dijumpai wartawan seusai menghadiri acara Halaqoh Ulama: Peran Ulama dan Ormas Islam dalam Pemberantasan Narkoba-MUI di Hotel Pandanaran, Semarang, Sabtu (22/10/2016).

Kendati demikian, Tri Agus belum mau menjelaskan apakah sebelumnya sudah menaruh kecurigaan terhadap Catur hingga melakukan pengawasan. Ia hanya menyebutkan bahwa Catur merupakan warga binaan LP Kedungpane yang telah divonis empat tahun dan sudah menjalani masa tahanannya selama dua tahun. “Dia yang mengendalikan pengiriman sabu-sabu ini. Lainnya hanya bertugas membantu,” imbuh Tri Agus.

Tri Agus menegaskan jika dirinya sangat mengapresiasi Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng-DIY, Bambang Sumardiono, yang telah membantu dan berkomitmen membersihkan LP di wilayahnya dari peredaran narkoba. Meski demikian, pihaknya tidak akan berhenti melakukan upaya pemberantasan peredaran narkoba di dalam LP. Hal ini dikarenakan pihaknya masih menduga ada beberapa penghuni LP yang tersebar di Jateng yang masih aktif mengendalikan peredaran narkoba.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Isolasi Lokal di Gedawung Baturetno Wonogiri Selesai, Warga Siraman Pakai Air Kendi

Isolasi lokal yang diterapkan di Dusun Gedawung, Desa Saradan, Kecamatan Baturetno, Wonogiri telah selesai, Selasa (22/6/2021).

Lezatnya Suboli Pizza, Pizza Susu Khas Boyolali

Di Boyolali, terdapat kuliner khas yakni pizza susu dan dikenal dengan nama Suboli Pizza. Makanan ini biasanya dijual di Jl Pandan Arang, Boyolali.

Warga Kerja Bakti Bersihkan Makam di Mojo, Kapolresta: Budaya Wong Solo!

Jajaran Polresta Solo, TNI, dan Ormas membersihkan dan memperbaiki makam di TPU Cemoro Kembar, Mojo, Pasar Kliwon, Solo, Rabu (23/6/2021).

Soal Perizinan Sekolah, Ini Kata Kepsek Bocah Perusak Makam di Mojo Solo

Pihak Kuttab atau lembaga pendidikan dasar tempat 10 anak yang merusak makam di Mojo, Solo, mengatakan sudah mengajukan perizinan sekolah kepada Kemenang.

Pasien Covid-19 Membeludak, RSUD Tugurejo Semarang Akhirnya Dirikan Tenda Darurat

RSUD Tugurejo mulai kehabisan ruang isolasi pasien Covid-19 sejalan membeludaknya pasien. Mereka kini mendirikan tenda darurat untuk menampung pasien.

10 Bocah Merusak Makam di Mojo Solo, Ini Penjelasan Sekolah

Pihak sekolah tempat 10 bocah pelaku perusakan makam di Solo membantah mengajarkan intoleransi.

Pegawainya Terpapar Covid-19, Kantor Imigrasi Madiun Dilockdown

Kantor Imigrasi Madiun ditutup sementara karena seorang pegawainya positif Covid-19. Kantor akan buka kembali pada Senin (28/6/2021).

Solusi Atasi Sampah, PLN Beli Listrik dari PLTSa Terbesar Se-Jateng di Solo

PT PLN membeli energi hijau yang dihasilkan dari Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Solo yang terakumulasi di TPA Putri Cempo,

Tips Pilih Perabotan Agar Apartemen Minimalis Bisa Terlihat Luas

Memilih furnitur yang tepat untuk apartemen minimalis menjadi salah satu opsi agar tempat tinggal terasa luas.

Alhamdulillah, Hasil PCR 2 Kali Negatif, Wali Kota Salatiga Sembuh dari Covid-19

Wali Kota Salatiga dinyatakan sembuh dari Covid-19, namun istri dan anaknya masih positif.

Kontak dengan Pasien Covid-19, Kapan Waktu Tes Swab yang Tepat?

Tips kesehatan kali ini membahas tentang kapan waktu tes swab yang tepat untuk mendeteksi infeksi Covid-19.

Cegah Penularan Covid-19, Kru Angkutan Umum di DIY Divaksin Covid-19

Jasa Raharja menggandeng Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan DIY menggelar vaksinasi Covid-19 untuk kru angkutan umum di DIY.