SOLOPOS.COM - Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol. Djarod Padakova (JIBI/Solopos/Antara/Aji Styawan)

Narkoba yang berhasil dirampas polisi di Jateng sepanjang 2017 mencapai 3 kg sabu-sabu, 1.155 gram ganja, 786,5 butir ekstasi, serta sekitar 147 gram tembakau gorilla.

Semarangpos.com, SEMARANG — Polda Jawa Tengah mencatat pengungkapan 678 kasus penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan berbahaya lainnya (narkoba) di berbagai wilayah di provinsi ini selama periode Januari hingga Juli 2017. “Pengungkapan oleh Direktorat Reserse Narkoba Polda Jateng beserta seluruh jajaran polres,” kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol. Djarod Padakova di Kota Semarang, Kamis (10/8/2017).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari jumlah pengungkapan sebanyak itu, lanjut dia, 870 tersangka telah diproses secara hukum. Sedangkan barang bukti yang diamankan dari berbagai kasus tersebut terdiri atas lebih dari 3 kg sabu-sabu, 1.155 gram ganja, 786,5 butir ekstasi, serta sekitar 147 gram tembakau gorilla. Jika didasarkan atas wilayah pengungkapan, Kota Semarang dan Solo masih mendominasi upaya hukum atas penyalahgunaan narkotika itu.

Sementara itu, pada periode yang sama Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Tengah mengungkap 12 kasus penyalahgunaan narkotika di provinsi tersebut. Kabid Pemberantasan BNN Provinsi Jawa Tengah AKBP Suprinarto mengatakan dari pengungkapan kasus sebanyak itu telah diamankan pula 22 tersangka.

Bersama dengan pengungkapan-pengungkapan itu, diamankan pula barang bukti jenis Sabu-sabu dengan total berat 2,2 kg serta ratusan pil ekstasi. Ia menambahkan peredaran narkotika saat ini tidak hanya merambah pada kota-kota besar namun juga telah masuk ke daerah-daerah pinggiran.semq

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya