SOLOPOS.COM - Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Condro Kirono (tengah) menunjukkan barang bukti saat gelar perkara peredaran hampir 1 kg narkotika jenis sabu-sabu di Mapolda Jateng, di Semarang, Kamis (15/9/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Harviyan Perdana Putra)

Narkoba jenis sabu-sabu senilai Rp1,2 miliar diedarkan dari LP Nusakambangan, Jateng.

Semarangpos.com, SEMARANG — Direktorat Reserse Narkotika Polda Jawa Tengah meringkus tiga tersangka pengedar narkoba lintas wilayah dengan barang bukti 900 gram sabu-sabu. Peredaran narkoba yang nilainya ditaksir Rp1,2 miliar itu diduga dikendalikan dari LP Nusakambangan, Cilacap, Jateng.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Condro Kirono di Semarang, Kamis (15/9/2016), mengapresisai pengungkapan hampir 1 kg sabu-sabu yang bermula dari penangkapan tersangka dengan barang bukti 1 gr barang haram tersebut. “Berawal dari penangkapan satu tersangka dengan barang bukti hanya 1 gram, kemudian dikembangkan,” katanya.

Dalam pengembangannya, polisi menangkap dua pelaku lain dengan barang bukti masing-masing 50 gr, 100 gr, dan 650 gr. Ketiga pelaku yang tidak diungkapkan secara jelas identitasnya karena untuk kepentingan pengembangan penyidikan tersebut masing-masing Harry, Guntur Rizky, dan Yayan.

Menurut Kapolda Condro Kirono, para pengedar tersebut merupakan bagian dari jaringan narkotika yang dikendalikan dari dalam lembaga pemasyarakatan. Berdasarkan pengakuan para tersangka, barang haram tersebut berasal dari narapidana penghuni LP Nusakambangan Cilacap dan Pekalongan.

Pengungkapan kali ini, lanjut dia, merupakan salah satu yang terbesar yang pernah dilakukan Ditresnarkotika Polda Jawa Tengah. Sabu-sabu sebanyak itu, kata dia, diperkirakan bernilai sekitar Rp1,2 miliar. “Dengan pengungkapan ini berarti kita bisa menyelamatkan sekitar 2.000 orang dari bahaya narkoba,” katanya sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya