SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes urine untuk mencegah peredaran narkoba (JIBI/Solopos/Antara/Ampelsa)

Narkoba di Jateng ditangkal peredarannya di kalangan awak angkutan Lebaran 2017.

Semarangpos.com, SEMARANG — Badan Narkotika Nasional (BNN) Jawa Tengah (Jateng) menyiapkan tes urine bagi awak angkutan umum yang akan bertugas pada masa angkutan mudik Lebaran 2017.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala BNN Jateng Tri Agus Heru Prasetyo di Semarang, Jumat (9/6/2017), mengatakan tujuan tes urine itu bukan hanya untuk menumpas peredaran narkotika dan obat-obatan berbahaya (narkona), tetapi juga demi keselamatan pemudik yang akan memanfaatkan angkutan umum. “Untuk menjaga keselamatan pemudik, pengemudi harus bebas narkotika,” tehasnya.

Agus mengaku belum bisa menjelaskan secara detail pelaksanaan pengecekan urine awak angkutan umum pada masa angkutan mudik Lebaran 2017 itu. Untuk teknis pengecekan urine sopir dan awak angkutan umum itu, BNN akan berkoodinasi terlebih dulu dengan para pemangku kepentingan terkait.

Selama Ramadan 2017 ini, sambung dia, diakuinya terjadi peredaran narkotika di Jateng. Hal itu terlihat dari masih banyaknya pelaku penyalahgunaan narkotika yang diamankan BNN maupun polisi saat bulan suci yang banyak dimanfaatkan masyarakat untuk berpuasa dan memperbanyak ibadah.

Untuk itu, BNN Jateng bersama polisi setempat menurut dia, terus melakukan penindakan terhadap penyalahgunaan barang haram itu. “Peredaran masih terus, jumlahnya masih banyak,” tegasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya