NARKOBA DI LAPAS : Aksi Nekat Penyelundupan Narkoba di Pengadilan Berhasil Digagalkan

 Ilustrasi tahanan (JIBI/Solopos/Antara/Dok)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tahanan (JIBI/Solopos/Antara/Dok)

Narkoba di Lapas yang akan diselundupkan melalui terdakwa yang menjalani persidangan berhasil digagalkan

Harianjogja.com, SLEMAN– Satresnarkoba Polres Sleman berhasil menggagalkan upaya penyelundupan paket narkoba jenis sabu, ganja, dan pil koplo menuju Lapas Narkotika Pakem.

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

Rudi, 19, warga Condongcatur, Depok, Sleman berhasil diamankan petugas ketika hendak memberikan narkoba tersebut kepada deorang terdakwa yang sedang menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Sleman, Selasa (18/10/2016) siang.

Kapolres Sleman, AKBP Burkan Rudy Satria mengatakan, menurut pengakuan pelaku rencananya paket narkoba tersebut hendak diselundupkan menuju lapas dengan bantuan dititipkan kepada terdakwa Gunung Kuncoro yang sedang menjalani sidang.

“Pelaku ini mengaku hanya disuruh, pengirim paket belum diketahui karena hanya bertransasksi melalui ponsel. Kemudian dia juga mengaku akan diberi sejumlah uang jika berhasil mengantar paket tersebut,” katanya, Rabu (19/10/2016).

Dikatakannya penangkapan pelaku ini merupakan hasil dari penyidikan yang dilakukan oleh jajarannya dalam waktu beberapa bulan terakhir. Selama ini sudah beberapa kali ada kasus penyelundupan narkoba melalui persidangan di PN sehingga pihaknya terus melakukan pengintaian dan penyelidikan.

Bersambung halaman 2

Kasatresnarkoba Polres Sleman, AKP Rony Are Setia menambahkan, awal kejadian memang berdasarkan adanya informasi mengenai transaksi narkoba di PN, setelah mendapatkan informasi tersebut maka pihaknya segera melakukan pengintaian.

Saat berada di PN, polisi kemudian mencurigai gerak-gerik pelaku yang sangat mencurigakan. Namun demikian mengetahui pelaku hendak memberikan barang polisi tidak langsung melakukan penangkapan.

“Saat itu kami mencaritahu dulu paket barang tersebut diberikan kepada siapa,” katanya.

Setelah mengetahui alur peredaran, petugas kemudian langsung melakukan penyergapan terhadap pelaku. Selanjutnya pelaku dibawa disebuah ruangan untuk dilakukan penggeledahan dan penyelidikan.

Dalam penggeledahan ditempat petugas mendapati barang bukti paket narkoba yang disembunyikan dalam tiga bungkus rokok yang disimpan dalam saku jaket dan saku celana.

Bungkus rokok pertama berisikan 11 paket sabu yang terbungkus rapi dengan berat masing-masing 0,5 gram, 100 butir pil Trihexyphenidyl dan dua buah kondom.

Sementara dalam bungkusan rokok kedua berisi satu paket sabu dengan berat lima gram, empat paket ganja masing-masing satu gram, dan dua buah kondom. Lalu dalam bungkusan ketiga petugas menemukan paket ganja seberat 12,5 gram, 100 butir pil Trihexyphenidyl dan dua buah kondom.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Ultah ke-25, Solopos Nanggap Wayang Ki Anom Suroto di ISI Solo

      Solopos Media Group menanggap wayang kulit dengan menampilkan dalang kondang Ki Anom Suroto dengan lakon Amarta Binangun, Minggu (25/9/2022) di ISI Solo pada rangkaian acara HUT ke-25 Solopos.

      Info Tiket Persis Solo Vs PSM Makassar, Lokasi Penjualan, dan Daftar Harganya

      Pembelian tiket Persis Solo Vs PSM Makassar secara online dilayani, Senin (26/9/2022) sedangkan offline pada Selasa (27/9/2022).

      Kronologi Kecelakaan Beruntun Maut di Madiun, Kondisi 3 Kendaraan Rusak Parah

      Ini kronologi kecelakaan lalu lintas beruntun di Jalan Raya Madiun-Surabaya yang menyebakan satu orang meninggal dunia, Minggu (25/9/2022).

      Hindari Macet di Jurug, Naik KRL Commuterline Palur-Solo hanya 10 Menit

      Warga disarankan memanfaatkan layanan Commuterline KRL Solo-Jogja yang sudah beroperasi sampai Stasiun Palur untuk hindari macet di kawasan Jurug akibat penutupan dua jembatan.

      Resmi Dibuka, Begini Meriahnya Kirab Opening Ceremony SGS 2022 di CFD Solo

      SGS 2022 diikuti sekitar 23.000 pelaku usaha di Kota Solo dengan target transaksi sebanyak Rp2 triliun

      Tinjau Venue Piala Dunia U-20, Ini Permintaan FIFA Terkait Rumput GBT Surabaya

      Pada kunjungan awal FIFA pada Juli 2022, ada berbagai catatan. Namun, kini Pemkot Surabaya telah melakukan berbagai perubahan.

      OTT MA, KPK: Penyidik Cek Kemungkinan Sudrajad Dimyati Terima Suap Perkara Lain

      Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, menduga tersangka Hakim Agung Mahkamah Agung, Sudrajad Dimyati, menerima suap dari perkara lain.

      Luar Biasa, Rindu Basket Warga Solo Penuhi IBL 3x3 di The Park Mall

      Misi besar Indonesian Basketball League (IBL) 3x3 adalah mendekatkan basket kepada pencintanya.

      Seru! Ratusan Peserta Ikuti Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Danjen Kopassus

      Ratusan joki kuda mengikuti Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Danjen Kopassus Cup Nusantara Derby 2022 Round II di Lapangan Pacuan Kuda Tegalwaton, Kabupaten Semarang.

      Pendeta Alberth Yoku Ingatkan Gubernur Papua Lukas Enembe Penuhi Panggilan KPK

      Tokoh agama Papua, Pendeta Alberth Yoku, mengingatkan Gubernur Papua, Lukas Enembe, untuk bertanggung jawab atas perbuatan yang telah dilakukan dan memenuhi panggilan KPK.

      Kapolda Jateng Sebut Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo Diduga karena Kelalaian

      Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menyebut ledakan di Asrama Brimob Arumbara di Desa Telukan, Grogol, Sukoharjo, Minggu (25/9/2022) petang, akibat kelalaian.

      Hore! Yaspim Darussalam Resmikan Rumah Qur’an di Jimbung Klaten

      Yayasan Peduli Anak Yatim (Yaspim) Darussalam meresmikan Rumah Qur’an yang berlokasi di Dukuh Peren, Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes, Minggu (25/9/2022).

      Warga Tercebur Sumur di Klaten Selamat, Netizen: Terima Kasih Orang Baik!

      Evakuasi warga Desa Mayungan, Kecamatan Ngawen yang tercebur sumur, Minggu (25/9/2022) pukul 14.40 WIB berlangsung lancar.

      Pilur di Seloharjo Bantul Panas, 2 Massa Pendukung Calon Lurah Nyaris Bentrok

      Dua kelompok pendukungan calon lurah dala pemilihan lurah di Kalurahan Seloharjo, Kapanewon Pundong, Kabupaten Bantul, nyaris bentrok.

      Wapres Ma'ruf Amin Tiba di Tokyo Jepang untuk Menghadiri Pemakaman Shinzo Abe

      Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin, didampingi istri, Wury Ma'ruf Amin, tiba di Bandara Internasional Haneda Tokyo, Jepang pada Minggu (25/9/2022) sekitar pukul 18.00 waktu setempat.