Namanya Dicatut Parpol, PNS Asal Tanon Mengadu ke KPU Sragen

Ada sedikitnya 66 orang namanya dicatut sebagai anggota parpol tertentu. Salah satunya seorang PNS guru asal Kecamatan Tanon.

 Seorang PNS asal Tanon, Sragen, Iswahyudi (kanan) berbincang dengan Ketua KPU Sragen, Minarso (kiri), Rabu (14/9/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

SOLOPOS.COM - Seorang PNS asal Tanon, Sragen, Iswahyudi (kanan) berbincang dengan Ketua KPU Sragen, Minarso (kiri), Rabu (14/9/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Namanya dicatut sebagai anggota partai politik (parpol) tertentu, Iswahyudi, 49, PNS guru asal Desa Suwatu, Kecamatan Tanon, Sragen, melapor ke KPU Sragen, Rabu (14/9/2022). Ia merupakan salah satu dari 66 orang yang namanya dicatut jadi anggota parpol tertentu.

Kedatangan Iswahyudi disambut oleh Ketua KPU Sragen, Minarso dan Mukhsin selaku komisioner. Ia dilayani petugas khusus pelayanan aduan nama-nama yang tercatat dalam keanggotaan parpol.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

“Saya ke KPU melaporkan terkait masuknya nama saya di Sipol [Sistem Informasi Parpol]. Padahal saya bukan anggota parpol tertentu. Saya melapor supaya ada klarifikasi dari parpol tersebut. Nama saya harus dihapus dari daftar anggota parpol. Selaku pribadi mohon parpol yang bersangkutan supaya tidak asal comot nama orang untuk jadi anggota tanpa melihat latar belakang atau statusnya,” ujar dia saat ditemui Solopos.com, Rabu siang.

Iswahyudi mengetahui namanya dicatut parpol tertentu setelah mendapatkan tautan atau link dari temannya. Setelah ia cek di tautan tersebut, ternyata namanya terdaftar sebagai anggota salah satu parpol.

Baca Juga: Bawaslu Sragen Buka Lowongan Calon Anggota Panwascam, Ini Persyaratannya

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Sragen, Mukhsin, mencatat ada 66 nama yang dicomot  parpol tertentu dan dijadikan anggota. Dari jumlah tersebut, 25 pemilik nama di antaranya mengadu  ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sragen. Sisanya datang mengadu ke KPU.

“Kami sudah mengundang warga yang namanya masuk dalam keanggotaan parpol dengan perwakilan parpol yang bersangkutan. Hari ini (Rabu), masih ada delapan orang yang diundang ke KPU bersama delapan parpol terkait. Sebanyak empat orang di antaranya berada di luar kota sehingga kemungkinan nanti video call. Prinsipnya warga tersebut membuat pernyataan tidak merupakan anggota parpol terkait,” jelas Mukhsin.

Rata-rata semua parpol yang mencatut nama orang lain akan meminta maaf.

Ketua KPU Sragen, Minarso, mengatakan KPU tidak dalam kapasitas untuk mengonfrontasi antara warga yang namanya dicatut dengan parpol. KPU hanya melayani baik parpol maupun warga.

Baca Juga: KPU Sragen Panggil 46 Warga yang Tercatat di 2 Parpol, 16 Orang Mangkir

Jika ada warga yang tidak berkenan namanya dimasukkan dalam keanggotaan parpol, kata Minarso, KPU akan membantu membersihkan nama mereka. Caranya dengan mengeluarkan surat pernyataan bahwa yang bersangkutan bukan anggota parpol tertentu.

“Ketika warga dan parpol sepakat bahwa warga tersebut bukan anggota parpol kemudian dibuatkan berita acara dan pernyataan yang ditandatangi warga, parpol, dan KPU. Data-data itu selanjutnya dilaporkan ke KPU pusat,” jelasnya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas air mata hingga mengakibatkan penghirupnya mengalami asfiksia diduga menjadi penyebab utama jatuhnya ratusan korban jiwa pada tragedi di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam.

      Berita Terkini

      Berlokasi di Perbatasan Sukoharjo-Karanganyar, Pasar Sedayu Milik Sukoharjo

      Pasar Sedayu terdapat 34 pedagang kios dan 132 pedagang los yang mayoritas menjajakan busana, bahan makanan berupa sayuran, makanan ringan, dan kebutuhan pokok, serta hewan ternak.

      Kepiting Jadi Program Andalan Puskesmas Juwangi Boyolali Tekan Angka Stunting

      Program Kepiting bertujuan memantau dan mengendalikan angka stunting di Kecamatan Juwangi.

      Kabel PT Telkom Senilai Puluhan Juta Rupiah Dicuri, Begini Cara Pelaku Beraksi

      Sindikat pencuri kabel Telkom membawa beragam peralatan seperti linggis, kapak, pasak hingga balok kayu untuk mempermudah mengangkat gulungan kabel.

      HUT Ke-77 TNI, Kodim 0726/Sukoharjo Undang Tukang Becak Makan Bersama

      Dalam rangka memperingati HUT ke-77 TNI, Kodim 0726/Sukoharjo mengundang tukang becak, pemulung, penyapu jalanan, dan petugas kebersihan makan bersama.

      Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini: Berawan lalu Gerimis saat Sore

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Rabu (5/10/2022), diprediksi berawan saat pagi hingga siang kemudian hujan dengan intensitas ringan saat sore.

      Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini: Aman! Berawan Pagi hingga Malam

      Prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini, Rabu (5/10/2022) diprediksi berawan sepanjang hari menurut BMKG.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 5 Oktober 2022, Lebih Bersahabat

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 5 Oktober 2022, Dominan Berawan

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Solo Rabu 5 Oktober: Berawan Sepanjang Hari dan Tidak Hujan

      Prakiraan cuaca Kota Solo pada Rabu (5/10/2022) ini menurut prakiraan cuaca dari BMKG akan berawan sepanjang dan tidak ada potensi hujan.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Rabu Ini: Berawan Sepanjang Hari

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Rabu 5 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Rabu Ini: Berawan Pagi-Malam

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Rabu 5 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Los Dol hingga Medot Janji, Denny Caknan Hibur 3.000 Penonton di Sekaten Solo

      Penyanyi asal Ngawi, Denny Caknan, sukses menghibur ribuan penonton lewat lagu-lagu andalannya di panggung hiburan Sekaten di Alkid Keraton Solo, Selasa (4/10/2022) malam.

      4 Oknum TNI-Polri Tertangkap Curi Kabel Telkom di Solo, Warganet: Ngisin-isini!

      Warganet dibuat geram dengan ulah empat anggota TNI-Polri yang terlibat komplotan tukang curi kabel Telkom di Solo.

      Jelang Muktamar Muhammadiyah di Solo, Pimpinan-Dosen UMS Dilarang Keluar Kota

      Rektor UMS Sofyan Anif melarang civitas akademika UMS khususnya pimpinan dan dosen untuk keluar kota menjelang pelaksanaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah.

      Secuil Cerita dari Mereka yang Memilih Seni Tradisi di Wonogiri

      Agus Subakir, 40, mendirikan Komunitas Janggleng di Desa Bulusari, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri pada 2009.