SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Pengajuan nama PT Perserikatan Sepak bola Indonesia Bantul yang diajukan ke Kementrian Hukum dan HAM ditolak.

Kabar mengenai penolakan nama PT tersebut disampaikan oleh Asisten Manajer Bidang Teknik dan Kepelatihan Persiba, Briyanto menjelang latihan perdana tim berjuluk  Laskar Sultan Agung itu, di Stadion Sultan Agung, Rabu (10/8).
Briyanto menjelaskan bahwa Kementrian Hukum dan HAM tidak memperkenankan pengajuan sebuah nama PT yang memakai unsur kata sepak bola sebelum ada rekomendasi dan izin tertulis dari Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI).  Kabar penolakan itu sendiri diketahui juga baru Rabu (10/8) siang.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Akhirnya karena tidak mau mengambil pusing mengingat kesediaan untuk dilakukan verifikasi paling lambat adalah kemarin, pihaknya mengubah nama PT yang sebelumnya telah disepakati. Adapun nama PT baru yang diajukan kembali ke Kemenkumham adalah PT. Persiba Jaya Utama.

”Kami tidak ingin berkelit dengan sebuah nama, karena nama bukan sebuah persoalan yang sangat mendasar. Lagipula waktunya juga sudah sangat mepet sekali,” ujarnya.

Briyanto juga menuturkan bahwa Persiba sudah menyatakan kesediaan pada PSSI untuk siap mengikuti liga profesional musim depan dan siap diverifikasi. Briyanto juga yakin Persiba bisa lolos verifikasi itu.

Latihan perdana
Dalam kesempatan yang sama digelar pula latihan perdana tim setelah masa libur puasa. Terlihat sepuluh pemain melakukan latihan yang hanya sebatas latihan ringan saja. Di antara sepuluh pemain yang mengikuti latihan tersebut, tujuh pemain di antaranya adalah pemain lama.

Sedangkan tiga lainnya adalah pemain baru yang berminat untuk melakukan seleksi untuk dapat masuk di skuat tim asuhan Sajuri Sjahid itu. Terlihat nama Cornellis Kainu (Persebaya Surabaya), Yanuar (Persela Lamongan) dan Kahudi Wahyu Widodo (Persitembilahan Riau) turut mengikuti latihan perdana tersebut.

Salah seorang pemain Persib Bandung, Nova Arianto yang sebelumnya dikabarkan akan mengikuti latihan tim tidak dijumpai dalam sesi latihan perdana tersebut.  Palang pintu tim Maung Bandung tersebut menggelar latihan tersendiri dulu di Lapangan Mrican, Bantul.

Pelatih tim, Sajuri Sjahid belum dapat membuat gambaran tentang pemain-pemain yang mengikuti proses seleksi apakah nanti akan direkrut atau tidak. ”Saya hanya menjalankan tugas penilaian, perkara direkrut atau tidaknya itu wewenang manajemen. Dan ini kan baru sekali latihan, jadi belum ada gambaran ke arah itu,” ujar pelatih berlisensi B nasional itu.(Harian Jogja/Arif Wahyu)

HARJO CETAK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya