SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ketika pelajaran sejarah dimulai, suasana kelas sebuah SD di Kartasura, Sukoharjo itu jadi sepi nyenyet. Maklum, guru sejarah di sekolah itu terkenal sebagai killer-nya, Tom Gembus.

Siang itu Pak Gembus menjelaskan tentang pahlawan-pahlawan nasional di Indonesia. Semua siswa mendengarkan dengan serius apa yang dijelaskan. Tak ada yang berani cemuwit bicara dengan temannya. Di tengah-tengah pelajaran, ndilalah ada salah seorang guru yang menghubungi Pak Gembus dan memintanya menghadap kepala sekolah segera karena ada urusan penting. Supaya kondisi kelas tetap terjaga, Pak Gembus meminta murid-muridnya untuk membuat ringkasan tentang topik yang baru saja diterangkan tadi.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Beberapa saat kemudian Pak Gembus kembali ke kelas, namun suasana kelas sudah berubah jadi gaduh. Beliau pun akhirnya melontarkan satu pertanyaan kepada Jon Koplo yang menurutnya biang kerok ramai di kelas itu.

“Hai, kamu, yang duduk di pojok! Siapa nama kecil Pangeran Diponegoro?”

Jon Koplo yang ditunjuk pun kebingungan karena tidak konsentrasi dan tidak memperhatikan pertanyaan dari sang guru. Melihat Jon Koplo plonga-plongo, timbullah niat usil teman-teman sekelilingnya. Mereka pun mbisiki Jon Koplo, “Plo, ayo dijawab, siapa nama kecilmu?”

Dengan lantang Jon Koplo menjawab, “Thole, Pak Guru!”

Tanpa dikomando seisi kelas pun langsung ngguyu ngakak, ha… ha… ha…

Laili Agustina, JL. Menco Raya 1, Nilasari Baru, Gonilan, Kartasura, Sukoharjo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya