Nama 8 Siswa Sragen Hilang, Panitia PPDB: Kode Pembajak dari Jatim

Panitia PPDB 2022 Provinsi Jawa tengah mendeteksi ada orang lain yang menggunakan akun milik calon siswa yang namanya hilang. Dari alamat IP, diketahui kodenya dari Jawa Timur.

 Salah satu orang tua calon siswa asal Bumiaji, Gondang, Sragen, menunjukkan bukti riwayat akun anaknya yang diperoleh dari SMAN 1 Gondang, Sragen, Senin (4/7/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu

Salah satu orang tua calon siswa asal Bumiaji, Gondang, Sragen, menunjukkan bukti riwayat akun anaknya yang diperoleh dari SMAN 1 Gondang, Sragen, Senin (4/7/2022).)

SOLOPOS.COM - Salah satu orang tua calon siswa asal Bumiaji, Gondang, Sragen, menunjukkan bukti riwayat akun anaknya yang diperoleh dari SMAN 1 Gondang, Sragen, Senin (4/7/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu Salah satu orang tua calon siswa asal Bumiaji, Gondang, Sragen, menunjukkan bukti riwayat akun anaknya yang diperoleh dari SMAN 1 Gondang, Sragen, Senin (4/7/2022).)

Solopos.com, SRAGEN — Kasus hilangnya delapan nama calon siswa SMAN 1 Gondang, Sragen diduga karena ada orang yang membajak akun PPDB mereka. Berdasarkan pelacakan panitia PPDB dari Pemprov Jateng, mereka menemukan IP address orang yang membajak akun siswa tersebut.

Indikasinya, IP address itu berasal dari ponsel. Dia menyebut kode IP itu 114 dugaannya merupakan kode wilayah di Jawa Timur.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Panitia PPDB SMAN 1 Gondang, Hartono, Senin (4/7/2022). Panitia PPDB di Provinsi Jateng, kata Hartono, mengidentifikasi adanya riwayat akun calon siswa melakukan pembatalan.

Akun para calon siswa yang mendaftar pada Rabu (29/6/2022) dan pada Jumat (1/7/2022) di atas pukul 14.00 WIB itu, teridentifikasi membatalkan pendaftaran di SMAN 1 Gondang dan mendaftar di SMAN Sambungmacan.

“Secara sistem sistem otomatis nama mereka hilang dari daftar di SMAN 1 Gondang. Masalahnya, para calon siswa itu merasa tidak melakukan pembatalan dan tidak mendaftar ke SMAN lain. Kesimpulan sementara, bisa jadi ada orang lain selain siswa yang menyalahgunakan akun calon siswa itu,” ujarnya.

Baca Juga: Nama 8 Siswa di Sragen Tiba-Tiba Menghilang, Sekolah Lapor ke Provinsi

Hartono menjelaskan akun yang dimiliki para calon siswa bersifat rahasia berdasarkan nomor induk siswa nasional (NISN). Akun itu dilengkapi nomor registrasi dan kata sandi atau password untuk menjaga kerahasiaan.

Panita PPDB sudah menyarankan calon peserta agar mengubah password. Hartono tidak tahu apakah delapan siswa yang hilang namanya ini telah mengubah password atau tidak. Kalau password tidak diubah, ujar dia, selain yang calon siswa bersangkutan, panitia juga mengetahui kodenya.

Panitia PPDB juga, lanjut Hartono, baru tahu adanya kasus itu setelah ada aduan.

“Calon siswa yang mendaftar itu ada 400-an orang dan kuotanya hanya 324 orang sehingga tidak mungkim mampu mengawasi satu per satu. Kasus ini tidak hanya merugikan delapan siswa tetapi juga merugikan sekolah karena orang luar berpikirnya panitia macam-macam. Kami berharap pelakunya bisa dijerat dengan sanksi hukum,” pintanya.

Baca Juga: SMP Negeri di Klaten Ini Tak Terapkan Zonasi tapi Masih Kurang Siswa

Berharap Diterima

Pihak sekolah hanya bisa melaporkan kasus ini ke Cabang Disdikbud Wilayah VI di Karanganyar dengan harapan ada kebijakan delapan calon siswa itu bisa diterima. Sekolah tidak berwenang mengambil kebijakan itu karena itu wewenang provinsi.

Hartono mengungkapkan kasus ini terkuak setelah ada aduan dari calon siswa mendaftar secara online ke SMAN 1 Gondang. Mereka adalah calon siswa yang jaraknya dekat dengan sekolah sehingga optimistis diterima lewat jalur zonasi.

“Tiba-tiba menjelang penutupan pendaftaran, delapan nama itu hilang. Setelah pendaftaran ditutup mereka terdeteksi berada di sekolah lain. Mereka mengadu ke sekolah. Kami menelusuri aduan itu dengan berkoordinasi dengan panitia di Provinsi Jateng,” katanya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Gelar Lomba Esai, Bawaslu Sukoharjo Dorong Anak Muda Peduli Pemilu

      Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sukoharjo menggelar lomba final esai tentang Pemilu 2024 dengan peserta para pelajar tingkat sekolah menengah atas (SMA).

      LDII Ingatkan Komunisme Tak Selaras dengan Bangsa Indonesia

      Lembaga Dakwah Islam Indonesia atau LDII mengingatkan bahwa paham komunisme tidak selaras dengan ideologi bangsa Indonesia.

      Enak dan Murah, Ini Rekomendasi Warung Susu Boyolali yang Cocok untuk Nongkrong

      Rekomendasi 3 warung susu enak dan asyik buat nongkrong di Kabupaten Boyolali

      Solo Batik Music Festival di Pura Mangkunegaran, Masuk Venue Wajib Pakai Batik

      Para penonton acara Solo Batik Music Festival di Pamedan Pura Mangkunegaran Solo, 1-2 Oktober 2022, wajib mengenakan busana batik.

      Motor Vs Mobil di Jl. Jenderal Ahmad Yani Wonogiri, Seorang Pelajar Meninggal

      Kecelakaan lalu lintas melibatkan motor Honda Vario dan mobil Honda CRV terjadi di Jl. Jenderal Ahmad Yani, Lingkungan Salak, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Jumat (30/9/2022) sekitar pukul 17.50 WIB.

      DPUPR Solo: Konstruksi Jembatan Sasak Beton-Gadingan Sangat Jauh dari Layak

      DPUPR Solo menyebut konstruksi jembatan sasak di Bengawan Solo yang menghubungkan Beton, Sewu, ke Gadingan, Mojolaban, Sukoharjo, sangat jauh dari layak.

      Legislator DPRD Solo Tak Setuju PKL TSTJ Dipindah ke Pasar Tradisional

      Puluhan PKL TSTJ Solo mengadakan audiensi dengan DPRD Solo untuk menyuarakan penolakan atas rencana Pemkot memindahkan mereka ke pasar tradisional.

      Ucapan Terima Kasih, Warga Tirtomoyo Wonogiri Beri Kayu Liwung ke Bupati Jekek

      Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, menerima 'jimat' dari warga asal Tirtomoyo, Saiman, berupa Kayu Liwung.

      Vaksin Meningitis Langka di RS Solo, Sebagian Jemaah Umrah Tunda Keberangkatan

      Vaksin meningitis yang langka di Kota Solo membuat sebagian jemaah umrah menunda keberangkatan sementara yang lainnya sampai berburu ke luar provinsi.

      Nikmatnya Soto Legendaris Mbok Dele Klaten, Jujukan Para Artis-Seniman Kondang

      Warung soto Mbok Dele menjadi salah satu warung legendaris di Klaten.

      Piknik ke Solo Sukoharjo Wonogiri Naik KA Batara Kresna, Hanya Rp4.000/Orang

      Perjalanan menyenangkan Solo - Sukoharjo - Wonogiri menggunakan Kereta Api (KA) Batara Kresna dengan tarif hanya Rp4.000 per penumpang.

      54 Jabatan Perangkat Desa di Karanganyar Tak akan Diisi, Ini Alasannya

      Ada beberapa sebab puluhan jabatan perangkat desa di Kabupaten Karanganyar tidak diisi. Di antaranya adalah jabatan yang kosong diisi dari mutasi perangkat desa lainnya.

      Jamu Jampi Usodo, Warisan Nusantara Menyehatkan Dunia

      Jamu, dari bahasa Jawa kuno jampi atau usodo sebagai salah satu minuman tradisional Indonesia, telah diajukan ke UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Nusantara yang menyehatkan dunia.

      Tiket Presale Konser Dewa 19 Solo di Edutorium UMS Ludes, Sisa Harga Normal

      Tiket presale konser Dewa 19 di Solo yang akan diselenggarakan pada 26 November 2022 di Edutorium UMS Sukoharjo ludes dibeli Baladewa.

      Dinilai Kurang Aman, Jembatan Sasak Bengawan Solo akan Diganti Jembatan Darurat

      Pemkot Solo berencana mengganti jembatan sasak di Kampung Beton, Kelurahan Sewu, ke Mojolaban, Sukoharjo, dengan jembatan darurat yang lebih aman.