Nam Air Buka Rute Solo-Banjarmasin, Cek Jadwalnya

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BOYOLALI — Nam Air yang merupakan anak perusahaan Sriwijaya Air membuka rute penerbangan baru Solo-Banjarmasin pergi pulang (PP) via Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo di Boyolali mulai Selasa (28/5/2019).

Jalur milik maskapai yang merupakan bagian dari Garuda Indonesia Group ini berpotensi besar sebagai feeder pasar umrah dari Kalimantan.

Branch Manager Sriwijaya Air Solo, Fredy J. De Hart, mengatakan rute baru ini menggunakan pesawat tipe ATR 72-600 dengan kapasitas 70 seat. Menurutnya, penerbangan ini beroperasi setiap hari dengan jadwal Solo-Banjarmasin berangkat pukul 15.40 WIB tiba pukul 18.25 Wita.

Sedangkan dari Banjarmasin berangkat pada pukul 14.25 Wita dan sampai Solo pukul 15.05 WIB. “Kami sengaja membuka rute baru ini berbarengan dengan masa mudik Lebaran 2019. Apalagi rute ini potensial, khususnya bagi mereka yang mudik ke Pulau Jawa,” ujarnya, kepada wartawan, Selasa.

Fredy menambahkan rute baru ini sebagai bentuk upaya Nam Air memberikan opsi penerbangan yang dapat menghubungkan dua kota penting di Jawa dan Kalimantan. Dengan demikian, penerbangan ini penting menjadi pilihan rute mudik atau pun liburan untuk mendongkrak perekonomian daerah.

Harga tiket Banjarmasin-Solo dibanderol Rp1,8 juta. Sementara untuk rute Solo-Banjarmasin senilai Rp1,2 juta. Harga ini sudah termasuk airport tax serta ekstra bagasi 10 kilogram (kg). Rute baru ini dinilai potensial menjaring pasar umrah dari Banjarmasin melalui Solo.

“Kami menerima banyak masukan dari para penumpang untuk membuka rute Solo-Banjarmasin PP. Setelah kami melakukan riset lebih lanjut, kami sepakat dibuka rute baru yang dinilai cukup strategis tidak hanya untuk maskapai melainkan juga perekonomian wilayah setempat,” imbuhnya.

Sementara itu, General Manager Bandara Internasional Adi Soemarmo, Abdullah Usman, mengatakan Banjarmasin merupakan salah satu rute emas yang banyak diminati penumpang dari dan ke Solo. Rute ini pernah dipakai maskapai Lion Air, tapi ditutup pada medio 2018.

Setelah Banjarmasin, Bandara Adi Soemarmo membidik rute emas lainnya seperti Lampung, Palangkaraya, dan Palembang. “Padahal dulu rute ini load factor-nya bagus, yakni 70%-80%. Kalau sekarang pakai ATR prediksi kami tingkat keterisian bisa mencapai 100%,” katanya.

Dibukanya rute anyar ini juga berarti memperluas pasar umrah. Selama ini market umrah dari Kalimantan via Solo berkontribusi 20%. Dalam hal ini, dia sudah menjajaki relasi dengan manajemen Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin terkait pasar umrah, yakni mengalihkan rute Banjarmasin-Padang ke Solo.

“Ada rencana pengalihan rute umrah dari Banjarmasin ke Padang dipindah ke Solo. Tentunya ini pasar yang sangat menjanjikan,” jelasnya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Keren! Mohamed Salah Dibuatkan Patung, Mirip Enggak?

Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, dibuatkan patung lilin oleh Museum Madame Tussauds, London, Inggris.

Seperti Meteror Jatuh, Satelit Mata-Mata Rusia Gagal Ngorbit

Satelit mata-mata Rusia gagal ngorbit dan jatuh seperti bola api di langit Amerika.

Siap-Siap! 31 Objek Wisata di Kulonprogo Akan Dibuka, Ini Daftarnya

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo bersiap membuka 31 objek wisata andalannya secara terbatas.

Giliran Kantor Pinjol Ilegal di Surabaya, 13 Orang Ditangkap

Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jawa Timur menggerebek kantor pinjol ilegal di Surabaya, Kamis (21/10/2021) dan menangkap 13 orang.

Kebangetan, Puluhan Tanaman Hias di Taman Portabel Solo Raib Dicuri

DLH Solo mencatat ada puluhan tanaman hias di taman portabel yang hilang seiring pengadaan fasilitas tersebut pada tahun ini.

Rachel Vennya Naik Mobil dengan Pelat RFS, Warganet Riuh Berkomentar

Mobil berpelat RFS  yang dinaiki Rachel Vennya saat memenuhi panggilan Polda Metro Jaya rupanya menarik perhatian salah satu warganet.

Evaluasi PTM, Disdikbud Karanganyar akan Gelar Tes Swab Acak di Sekolah

Meski belum ada penularan Covid-19, Disdikbud Karanganyar akan menggelar tes swab secara acak di sekolah-sekolah.

Insan Perhotelan Suarakan Aspirasi Soal CHSE kepada Pemprov Jateng

Kali ini sertifikasi CHSE tidak lagi difasilitasi pemerintah, sehingga masing-masing hotel harus mengupayakan secara mandiri dan berbiaya.

Belum Divaksin Tapi Pengin Bikin SIM? Ini Solusinya

Pemohon SIM di Karanganyar wajib sudah divaksin Covid-19. Tapi kalau belum, ada layanan vaksinasi gratis di kantor Satlantas Polres Karanganyar.

Mau ke Pantai di Bantul? Cek Dulu Jadwal Ganjil Genap di Objek Wisata

Pemkab Bantul sudah menerapkan kebijakan ganjil genap kendaraan di sejumlah objek wisata ikonik di Kabupaten Bantul.

Unik! Bebek Ini Mampu Tirukan Ucapan Manusia Saat Memadu Kasih

Seekor bebek kesturi yang diketahui menirukan ucapan manusia dalam rekaman percobaan hewan yang dapat meniru manusia.

Keren! Semarang Bakal Punya Taman Parkur Seluas 500 Meter Persegi

Pemerintah Kota Semarang bakal membangun taman parkur sebagai tempat anak-anak muda menyalurkan hobi olahraga parkur atau parkour.

Ribuan Warga Antre Vaksin di Benteng Vastenburg Solo

Ribuan warga antre daftar ulang vaksin di halaman Benteng Vastenburg, Solo.

Sahabat Beri Bukti Rachel Vennya Lakukan Karantina Sepulang dari Dubai

Tak hanya memberikan dukungan, sahabat Rachel Vennya ini juga memberikan bukti bahwa tuduhan tidak melakukan karantina sebanyak dua kali itu tidak benar.

Sudah Vaksin Jadi Syarat Wajib Bikin SIM di Karanganyar

Warga yang belum divaksin Covid-19 tidak akan dilayani pengajuan pembuatan SIM nya oleh Satlantas Polres Karanganyar.

Honda Jazz: Kisah Kita Berakhir di Februari, Dilepas Mantan Seharga?

Harga Honda Jazz Oktober 2021 di Kota Solo dan sekitarnya.