Tutup Iklan

Nam Air Buka Rute Solo-Banjarmasin, Cek Jadwalnya

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BOYOLALI — Nam Air yang merupakan anak perusahaan Sriwijaya Air membuka rute penerbangan baru Solo-Banjarmasin pergi pulang (PP) via Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo di Boyolali mulai Selasa (28/5/2019).

Jalur milik maskapai yang merupakan bagian dari Garuda Indonesia Group ini berpotensi besar sebagai feeder pasar umrah dari Kalimantan.

Branch Manager Sriwijaya Air Solo, Fredy J. De Hart, mengatakan rute baru ini menggunakan pesawat tipe ATR 72-600 dengan kapasitas 70 seat. Menurutnya, penerbangan ini beroperasi setiap hari dengan jadwal Solo-Banjarmasin berangkat pukul 15.40 WIB tiba pukul 18.25 Wita.

Sedangkan dari Banjarmasin berangkat pada pukul 14.25 Wita dan sampai Solo pukul 15.05 WIB. “Kami sengaja membuka rute baru ini berbarengan dengan masa mudik Lebaran 2019. Apalagi rute ini potensial, khususnya bagi mereka yang mudik ke Pulau Jawa,” ujarnya, kepada wartawan, Selasa.

Fredy menambahkan rute baru ini sebagai bentuk upaya Nam Air memberikan opsi penerbangan yang dapat menghubungkan dua kota penting di Jawa dan Kalimantan. Dengan demikian, penerbangan ini penting menjadi pilihan rute mudik atau pun liburan untuk mendongkrak perekonomian daerah.

Harga tiket Banjarmasin-Solo dibanderol Rp1,8 juta. Sementara untuk rute Solo-Banjarmasin senilai Rp1,2 juta. Harga ini sudah termasuk airport tax serta ekstra bagasi 10 kilogram (kg). Rute baru ini dinilai potensial menjaring pasar umrah dari Banjarmasin melalui Solo.

“Kami menerima banyak masukan dari para penumpang untuk membuka rute Solo-Banjarmasin PP. Setelah kami melakukan riset lebih lanjut, kami sepakat dibuka rute baru yang dinilai cukup strategis tidak hanya untuk maskapai melainkan juga perekonomian wilayah setempat,” imbuhnya.

Sementara itu, General Manager Bandara Internasional Adi Soemarmo, Abdullah Usman, mengatakan Banjarmasin merupakan salah satu rute emas yang banyak diminati penumpang dari dan ke Solo. Rute ini pernah dipakai maskapai Lion Air, tapi ditutup pada medio 2018.

Setelah Banjarmasin, Bandara Adi Soemarmo membidik rute emas lainnya seperti Lampung, Palangkaraya, dan Palembang. “Padahal dulu rute ini load factor-nya bagus, yakni 70%-80%. Kalau sekarang pakai ATR prediksi kami tingkat keterisian bisa mencapai 100%,” katanya.

Dibukanya rute anyar ini juga berarti memperluas pasar umrah. Selama ini market umrah dari Kalimantan via Solo berkontribusi 20%. Dalam hal ini, dia sudah menjajaki relasi dengan manajemen Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin terkait pasar umrah, yakni mengalihkan rute Banjarmasin-Padang ke Solo.

“Ada rencana pengalihan rute umrah dari Banjarmasin ke Padang dipindah ke Solo. Tentunya ini pasar yang sangat menjanjikan,” jelasnya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Berikut Ini Kategori Penerima Vaksin Booster Gratis dan Berbayar

Akan ada dua kategori penerima vaksin booster yakni gratis dan berbayar, tentu ada kriteria tersendiri yang harus dipenuhi penerima.

+ PLUS PT PLN Siapkan 21 Proyek Energi Baru dan Terbarukan

Aturan bangunan gedung harus siap dipasangi panel surya diberlakukan agar ketika harga panel surya sudah terjangkau, pemilik gedung bisa langsung memasangnya.

Madiun Kirim Alat Berat dan Tenaga Profesional ke Lokasi Erupsi Semeru

Pemkab Madiun mengirimkan satu unit alat berat, barang kebutuhan warga, 60 orang sukarelawan, dokter, dan perawat ke lokasi erupsi Gunung Semeru.

Sekolah di Kudus Tetap Beri Siswa Libur saat Nataru

Dinas Pendidikan Kabupaten Kudus tidak akan mengubah jadwal libur sekolah saat masa libur Nataru atau akhir tahun, meskipun Kemendikbudristek telah memberikan imbauan.

Buruh di Tangerang Unjuk Rasa Tuntut Kenaikan UMK 10%, Ini Foto-Fotonya

Protes buruh atas keputusan Gubernur Bantenmengenai UMK Provinsi Banten 2022

Bakul Tengkleng Ngepruk Harga Jadi Viral, PKL Solo Baru Khawatir

Warung tengkleng yang viral karena dianggap ngepruk alias memasang harga tidak masuk akal membuat PKL lain di kawasan Solo Baru, Sukoharjo, khawatir.

Disekap, Mahasiswi Korban Pelecehan Dosen Diselamatkan Dosen Lain

Korban meyakini penyekapan itu bermaksud mengintimidasi dia karena telah melaporkan oknum dosen berinisial R di Fakultas Ekonomi itu atas kasus pelecehan seksual.

Ini Alasan Pria Pengangguran di Madiun Sering Dolan ke Gudang Ekspedisi

Satreskrim Polres Madiun Kota menangkap pria pengangguran, ANH, 36, yang kerap berkunjung ke gudang perusahaan ekspedisi karena diduga mencuri puluhan handphone dari gudang tersebut.

Lindungi Keluarga Lindungi Indonesia, Kominfo: Waspada Omricon

Pemerintah melalui Kemkominfo mengajak masyarakat untuk melindungi keluarga, karena sama halnya melindungi Indonesia dari omricon.

SMK Muhima Purwantoro Wonogiri Kampanyekan Gerakan Antiperundungan

Para siswa diberi pemahaman tentang bentuk dan dampak buruk perundungan atau bullying untuk mencegah terjadinya perundungan.

Ekspedisi Ekonomi Digital, Suspensi Mitsubishi Xpander Unggul di Tol

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Media Group telah tiba di Jakarta untuk melakukan beragam agenda liputan.

Cekposisi, Cara Cari Tempat Aman dari Erupsi Gunung Semeru

Aplikasi membantu mengetahui posisi aman dan rawan dari erupsi Gunung Semeru.

Ngaku Rugi, Bandara YIA Bakal Lakukan Pengurangan Karyawan

PT Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) mengaku mengalami kerugian hingga berencana melakukan pengurangan pegawai atau karyawan.

Aksi Pencuri Bebek di Jenengan Boyolali Terekam Kamera CCTV

Aksi warga Polanharjo, Klaten, AS, 38, mencuri bebek milik Priyadi, 42, warga Dukuh Jenengan RT 003/RW 001, Desa Jenengan, Kecamatan Sawit, Boyolali, Senin sekitar pukul 02.30 WIB, terekam kamera CCTV.

Pemkab Karanganyar akan Galang Dana untuk Korban Erupsi Semeru

Pemkab Karanganyar akan galang dana untuk korban erupsi Gunung Semeru. Penggelangan dana dimulai dari kalangan ASN Pemkab.

Pakai Kalung Bandul Rajamala, Wali Kota Solo Gibran Tuai Pujian

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menuai pujian dari kalangan pencinta sejarah gara-gara tampil dengan mengenakan kalung berbandul replika Rajamala.