Kategori: Sukoharjo

Nakes Mojolaban Sukoharjo Positif Covid-19 dan 2 Anggota Keluarganya Dijemput Ke RS


Solopos.com/Wahyu Prakoso

Solopos.com, SUKOHARJO -- Tenaga kesehatan atau nakes positif Covid-19 asal Mojolaban, Sukoharjo, dan dua anggota keluarganya dijemput ke RSUD Ir Soekarno, Sukoharjo.

Tim Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukoharjo menjemput tiga warga Desa Cangkol, Mojolaban itu, Senin (20/4/2020).

Dua anggota keluarga nakes itu ikut dijemput karena berdasarkan hasil rapid test deteksi corona mereka positif.

Tukang Becak Digebuki Satpam & Dituduh Maling di Solo Dapat Perhatian Ganjar Pranowo

Hal itu diungkapkan Kabid Pencegahan Penularan Penyakit Dinkes Sukoharjo, Bejo Raharjo, saat jumpa pers di Gedung Menara Wijaya, Sukoharjo, Senin (20/4/2020).

Menurut Bejo, nakes asal Desa Cangkol, Mojolaban, yang positif Covid-19 tersebut sudah dijemput untuk dibawa ke RSUD Ir Soekarno Sukoharjo.

“Kami telah melakukan Rapid Diagnostic Test kepada 11 orang di Mojolaban. Dua di antaranya positif sehingga kami jemput bersama nakes yang positif [Covid-19],” ungkapnya.

940 Pemudik Baru Tiba di Sragen, Pelaku Perjalanan Jadi 16.162 Orang

Menurut Bejo, 11 orang yang menjalani rapid test dan dua di antaranya positif itu merupakan kontak erat nakes di Mojolaban, Sukoharjo, yang positif Covid-19.

Mereka semua dalam kondisi sehat dan masih menunggu hasil swab tenggorokan.

Karantina Mandiri

Sementara itu Kepala Desa Cangkol, Mojolaban, Sriyanto, membenarkan ada tiga warganya yang telah dijemput petugas kesehatan ke RSUD Ir Soekarno Sukoharjo, Senin pukul 09.30 WIB.

Warga Nguntoronadi Wonogiri Tinggal di Semarang Positif Covid-19

Sriyanto mengatakan dua di antara tiga orang yang dijemput karena berdasar hasil rapid test deteksi Covid-19 positif. Dia menjelaskan Pemerintah Desa (Pemdes) Cangkol terus memantau perkembangan keluarga tersebut yang melakukan karantina mandiri.

Jumlahnya ada tiga rumah dengan penghuni sekitar 10 orang.

Sebelumnya diberitakan, seorang tenaga kesehatan atau nakes asal Mojolaban, Sukoharjo, terkonfirmasi positif Covid-19, Jumat (17/4/2020). Dengan demikian, sudah ada dua tenaga kesehatan di Soloraya yang positif corona.

Pasien Positif Covid-19 Sragen Tambah 2 Dari Kalijambe, Total Jadi 7 Orang

Tenaga kesehatan bekerja di rumah sakit swasta wilayah Kota Solo, namun berdomisili di wilayah Mojolaban, Sukoharjo.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan tenaga kesehatan di Mojolaban itu positif merujuk hasil tes swab.

Sementara itu, berdasarkan data positif Covid-19 hingga Senin (20/4/2020) ada 10 orang. Perinciannya yang dirawat 8 orang, meninggal dunia satu orang, dan satu orang lagi menjalani isolasi mandiri di Purwokerto.

Share